Ada Kecurangan di Pilkada Bali, Hari Ini di Buleleng Coblos Ulang
Sumber: solopos.com

Nasional / 22 May 2013

Kalangan Sendiri

Ada Kecurangan di Pilkada Bali, Hari Ini di Buleleng Coblos Ulang

Puji Astuti Official Writer
4278

Terungkapnya penggelembungan 100 suara oleh seorang warga dan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 3 Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan pada Pilkada Bali, Rabu (15/5) lalu membuat KPU Kabupaten Buleleng memutuskan untuk menggelar pencoblosan ulang yang digelar pada hari ini, Rabu (22/5).

Aparat keamanan dari TNI/Polri terlihat menjaga ketat pelaksanaan pencoboblosan ulang di kampung halaman Wakil Gubernur Bali dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewa Nyoman Sukrawan itu.

"Pagi ini, mulai jam 07.00 wita dilakukan pemilihan ulang di TPS 3," demikian penjelasan Ketua KPUD Buleleng Kadek CIta Ardana Yudi yang dikutip oleh Detik.com, Rabu (22/5).

Untuk pencoblosan ulang , menurut keterangan Pengkab Buleleng yang dikutip oleh Solopos.com, hari ini ditetapkan sebagai hari libur fakultatif sehingga diharapkan semua warga Buleleng yang masuk dalam DPT 3 ini dapat menggunakan hak pilihnya. Sebanyak 538 orang tercatat dalam daftar pemilih tetap di TPS 3.

Berdasarkan hitung cepat atau quick count, perolehan suara kandidat calon gubernur yang diusung PDI Perjuangan AA Ngurah Puspayoga mencapai 50,31 persen, atau menang tipis atas lawannya Made Mangku Pastika 49,69 persen yang diusung Partai Demokrat dan partai koalisi.

Dalam sebuah pesta demokrasi seperti pada Pilkada Bali ini, tentu diharapkan semua pihak dapat bersaing dengan sehat. Adanya penggelembungan suara seperti yang terjadi di TPS 3 ini telah menciderai demokrasi, dan tentunya telah merugikan negara maupun masyarakat. Kejadian ini menjadi sebuah pembelajaran bagi KPU sebagai penyelenggara sehingga kedepannya dapat lebih memperketat keamanan proses pemilihan sehingga tidak terjadi kecurangan.

Baca juga artikel lainnya :

Inilah Hasil Reformasi Indonesia dalam 15 Tahun

Quick Count Pilkada Sumut 2013 : Gatot - Tengku Menang

Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar Resmi Menangkan Pilgub Jabar 2013

Ciri-ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus

5 Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Hindari Kanker Payudara

Ayah Anak Ini Kompak Jadi Dampak Buat Bangsa

Sumber : Detik.com | Solopos.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami