5 Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Hindari Kanker Payudara

5 Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Hindari Kanker Payudara

Puji Astuti Official Writer
13569

Ketika bicara tentang mengurangi resiko kanker payudara, kita tidak bisa mengubah kondisi genetika yang diturunkan oleh keluarga. Tetapi Anda dapat mengubah gaya hidup dan dalam jangka waktu panjang hal itu dapat menurunkan resiko terkena kanker.

"Karena mayoritas kasus kanker payudara tidak ada hubungannya dengan genetika, jadi Anda harus menyimpulkan bahwa faktor gaya hidup, termasuk diet, memegang peranan penting," demikian ungkpa Mary Flynn, R.D., rekan penulis buku "The Pink Ribbon Diet" dan periset serta ahli gisi di Miriam Hospital di Rovidence, R.I.

Nutrisi yang tepat yang dikombinasi dengan olahraga dan menjaga berat badan dapat membantu menjaga agar tubuh tetap kuat, hal ini penting baik untuk menghindari kanker payudara ataupun bagi pasien yang sedang menjalani perawatan.

Untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara berikut adalah lima makanan yang harus dimakan:

Minyak Zaitun

Selain mengandung antioksidan dan fitonutrien - termasuk squalene yang menghambat pertumbuhan tumor, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi dari minyak lainnya. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun tidak teroksidasi saat diproses oleh tubuh. Oksidasi adalah proses yang menghasilkan bahan kimia bernama radikal bebas yang dapat meningkatkan resiko kanker.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan dua sendok makan minyak zaitun per harinya. Bahkan Anda bisa campurkan dalam sayuran, untuk satu cangkir sayuran, tambahkan satu sendok minyak zaitun.

Sayuran Jenis Cruciferous

Sayuran yang mengandung fitonutrien dapat menghentikan penyebaran kanker dan menahan sel-sel kanker terbentuk. Fitonutrien ini juga dapat menggeser metabolisme estrogen sehingga tubuh bisa menghasilkan jenis estrogen yang tidak memicu kanker.

Tambahkan dalam makanan Anda sayuran seperti brokoli, kecambah brussel, kubis dan kale. Untuk memaksimalkan manfaatnya, masaklah dnegan minyak zaitun sehingga tubuh bisa menyerap lebih banyak nutrisi.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun sarat dengan folat, vitamin B yang dapat memperkuat DNA. Kadar folat yang rendah dihubungkan dengan bertambahnya resiko terkena kanker. Pilihlah bayam dan kale, semakin gelap daunnya, akan semakin baik.

Ikan mengandung minyak omega-3

Wanita yang mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 memiliki resiko 32 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan yang tidak, data ini dikeluarkan oleh jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Lemak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Para peneliti percaya bahwa peradangan kronis dapat mendorong perkembangan kanker payudara.

Meskipun saat ini banyak suplemen omega-3, namun para peneliti mendorong untuk mengkonsumsi ikan secara langsung, setidaknya 3,5 ons ikan seperti ikan salmon, tuna dan makarel setiap minggunya.

Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan yang kuat yang tidak hanya membuat tomat berwarna kemerahan tetapi juga melindungi tubuh dengan menghentikan pertumbuhan sel kanker.Tubuh menyerap lycopene dengan baik saat tomat dimasak, dikonsentratkan atau diproses. Sumber utama kandungan lycopene ini bisa didapat dari tomat kalengan, saus tomat dan pasta tomat.

Selain makan makanan yang sehat, ingat juga untuk menjaga berat badan, olahraga secara teratur, jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Selain itu jangan lupa untuk memeriksakan ke dokter secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga artikel lainnya :

Hindari Kanker, Angelina Jolie Jalani Operasi Mastectomy

Tuhan Sembuhkanku Dari Kanker Payudara

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif & Inspiratif ! (Lomba)

3 Ciri Anda Lagi Diperbudak Pacar Anda

Saya Memilih Mengampuni Orang Yang Menipu Rp 74 juta

Sumber : nbcnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami