Gereja Seribu Tahun Ditemukan Di Dasar Lincoln Castle

Gereja Seribu Tahun Ditemukan Di Dasar Lincoln Castle

daniel.tanamal Official Writer
3132

Para arkeologi yang sedang mengerjakan proyek restorasi di Lincoln Castle Inggris berhasil menemukan sebuah gereja berusia seribu tahun. Para ahli percaya bahwa gereja ini adalah salah satu penemuan arkeologi yang paling penting di tanah Inggris.

“Informasi yang kami dapatkan dari gereja yang tidak tercatat dalam data ini adalah bagaikan ‘debu emas’. Dokumen sejarah hanya menceritakan sebagian dari kisah didaerah ini. Jadi penemuan ini begitu istimewa,” ungkap salah satu arkeolog di situs itu, Cecily Spall seperti dirilis Telegraph, Kamis (16/5).

Para petugas konstruksi juga menemukan delapan kerangka yang diyakini sebagai jasad dari orang-orang yang mempunyai kedudukan penting dan berkuasa saat itu. Kerangka itunantinya akan dikirim ke spesialis tulang manusia untuk memastikan umur, jenis kelamin dan riwayat kesehatan mereka, sebelum nantinya dipajang di Museum Koleksi di Lincoln.

“penemuan ini benar-benar menarik. Aku tidak pernah berharap akan menemukan sesuatu yang besar seperti dalam karir saya. Tidak diragukan lagi bahwa penemuan ini menjadi penemuan paling bersejarah sepanjang pencarian kami,” tambah Spall.

Lincoln Castle didirikan oleh William Sang Penakluk pada 1068 dan tempat ini digunakan untuk membuat salah satu dari empat salinan asli Magna Carta (Piagam Agung), sebuah dokumen yang menjadi pelopor perjanjian hukum yang harus dipatuhi penguasa atau pemerintah, sekaligus menjadi referensi berharga bagi ilmu hukum di dunia.

 

Sumber : Telegraph | Daniel Tanamal

Ikuti Kami