Sudah Naik Dua Kali, PLN Mengaku Belum Untung
Sumber: merdeka.com

Nasional / 15 May 2013

Kalangan Sendiri

Sudah Naik Dua Kali, PLN Mengaku Belum Untung

Puji Astuti Official Writer
4296

Walau dalam tahun ini tarif listrik sudah naik dua kali, tetapi Perusahaan Listrik Negara mengaku belum mendapatkan keuntungan.

"Kenaikan TDL, pada dasarnya naik atau tidak dengan bisnis PLN seperti ini nggak ada pengaruhnya," demikian pernyataan Kepala Divisi Niaga PLN Beni Marbun  yang dikutip Merdeka.com, Selasa (14/5).

Pada periode pertama (Januari - Maret) kenaikan TDL sebesar 4,3 persen, kemudian per 1 April lalu kembali naik 4,3 persen, atau dari Rp. 735,- per KWH menjadi Rp.795,- per KWH. Walau demikian PLN belum bisa mendapat untung karena harga keekonomiannya mencapai Rp.1.245 per KWH.

Walau demikian pendapatan PLN naik sebesar 12,37 triliun sepanjang Januari hingga April atau total senilai 46 triliun ruian. Walau dari segi keuntungan belum ada, namun menurut Beni naiknya pendapat mengurangi beban keuangan negara untuk subsidi listrik dan subsidi bisa dialokasikan untuk hal lainnya. Kedepannya PLN tidak menutup kemungkinan menurunkan tarif listrik jika pembangkit listrik telah mengganti bahan bakar minyak dengan bahan bakar yang lebih murah.

Baca juga artikel lainnya :

Selama UN, PLN Tegal Janji Listrik Takkan Padam

Jokowi Minta PLN Tertibkan Masalah Listrik

3 Ciri Anda Lagi Diperbudak Pacar Anda

Liga Champions

Tuhan Menyediakan Biaya Persalinan Saya!

Sumber : Merdeka.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami