Pengendalian BBM Bersubsidi, Motor Dijatah 0,7 Liter/hari
Sumber: google

Nasional / 10 May 2013

Kalangan Sendiri

Pengendalian BBM Bersubsidi, Motor Dijatah 0,7 Liter/hari

Puji Astuti Official Writer
4262

Pemerintah mentargetkan pemasangan sistem pemantauan dan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada kendaraan bermotor di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi, akan tuntas pada Juli 2013.  Selanjutnya, maka penggunaan BBM bersubsidi bagi pemilik sepeda motor dan juga angkutan umum akan dijatah.

"Berdasarkan kebutuhan itu, sepeda motor kan kita-kita 0,7 liter per hari, jadi kalau satu minggu ya kira-kira kalikan saja (4,9 liter) maksimalnya," demikian pernyataan Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, Jumat (10/5).

Jika motor mendapat jatah 0,7 liter perhari, maka mobil angkutan umum diperkirakan akan dijatah sekitar 2,7 liter - 3 liter perharinya, atau 21 liter seminggu.

Susilo juga menegaskan bahwa nantinya pembatasan hanya diberlakukan pada BBM bersubsidi, sedangkan yang non-subsidi tidak dibatasi.

Terkait dampak kenaikan BBM yang dapat memicu inflasi yang akan semakin menambah jumlah masyarakat miskin, pemerintah sedang memperhitungkan kompensasi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diperkirakan besarannya sekitar Rp.150.000,- per keluarga miskin. BLT ini rencananya akan diberikan selama 4 bulan dengan anggaran mencapai 13 triliun rupiah.

Pembatasan BBM bersubsidi ini merupakan upaya pemerintah menanggulangi defisit APBN 2013. Bahkan pada Rabu (8/5) lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan akan memangkas anggaran kementerian dan lembaga sebagai salah satu solusi mengatasi defisit. Langkah pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi negeri ini perlu didukung bersama, sekalipun harus melalui masa-masa sulit namun jika semua pihak mau bekerja keras dan saling membantu, pasti perekonomian Indonesia akan tetap kuat.

Baca juga artikel lainnya :

Solusi Subsidi BBM Belum Ada, Pemerintah Galau

Evaluasi Korban Dan Kerusakan Selama Demo BBM

Apa Gunanya Kenaikan Yesus Bagi Kita?

Keuntungan Saat Roh Kudus Tercurah

Saat Tangisan Digunakan Anak Sebagai Alat

Kandungan Wanita Ini Selamat Setelah Jatuh Ke Sungai

Sumber : Detik.com | Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami