Ratusan Ribu Warga Somalia Tewas Akibat Kelaparan

Nasional / 3 May 2013

Kalangan Sendiri

Ratusan Ribu Warga Somalia Tewas Akibat Kelaparan

daniel.tanamal Official Writer
3386

Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurus pangan dan agrikultur (FAO) mengungkapkan bahwa hasil penelitiaan mereka bersama lembaga Famine Early Warning Systems Network (Fews Net) memperlihatkan bahwa sekitar260 ribu jiwa warga Somalia tewas akibat kelaparan.

Dari jumlah itu, hampir setengah dari jumlah korban tewas akibat kelaparan adalah anak-anak berusia di bawah lima tahun. Jumlah kematian itu ternyata jauh lebih tinggi dengan tingkat kematian akibat kelaparan di Somalia 1992 silam. Adapun korban tewas akibat kelaparan 1992 di Somalia mencapai 220 ribu jiwa. "Apa yang terjadi di Somalia, adalah bentuk bencana kelaparan paling parah dalam waktu 25 tahun terakhir," lanjutnya.

"Pada dasarnya, memperkirakan jumlah kematian belum tentu dibenarkan keberadaannya. Tetapi dengan jumlah data kuantitas dan kualitas yang kami dapatkan, kami yakin dengan jumlah yang kami temukan," ujar perwakilan Fews Net Chris Hillbruner, dikutip BBC, Kamis, (2/5).

Sebelumnya PBB menyatakan bencana kelaparan di Somalia pada Juli 2011 berada di wilayah selatan Bakool dan Lower Shabelle. Kedua wilayah kini dikendalikan oleh kelompok militan Al-Shabab yang berafiliasi dengan Al Qaeda. Namun selain melarang beberapa lembaga kemanusiaan asing beroperasi di wilayah tersebut. Kelompok Al-Shabab juga menolak adanya laporan kelaparan itu.

 

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami