Pendeta Palti Panjaitan Dikriminalisasi, HRWG Kirim Surat ke PBB
Sumber: jawaban.com

Internasional / 3 May 2013

Kalangan Sendiri

Pendeta Palti Panjaitan Dikriminalisasi, HRWG Kirim Surat ke PBB

Budhi Marpaung Official Writer
5623

Ditetapkannya Pendeta Palti Panjaitan sebagai tersangka kasus penganiayaan dan perbuatan tak menyenangkan oleh pihak Polres Kota Bekasi menggerakkan Human Rights Working Group (HRWG) Indonesia mengirim surat terbuka kepada pelapor khusus (special rapporteur) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sebagaimana dilansir metrotvnews online, Rabu (1/5) lalu, Deputi Direktur HRWG Indonesia Choirul Anam menjelaskan di dalam surat HRWG Indonesia kepada pelapor khusus PBB bahwa Palti telah dikriminalisasi karena membela diri dari serangan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok intoleran saat memimpin kebaktian pada 24 Desember 2012 di Bekasi.

Lebih rinci dijabarkan Choirul bahwa insiden bermula ketika kelompok intoleran datang untuk menyegel gereja serta mengancam jemaat secara psikologis dan fisik. Melihat hal itu, Palti meminta jemaatnya untuk pulang dan membatalkan kebaktian.

Setelah memastikan semua jemaat pergi, Palti yang hendak pulang bersama istrinya dengan menggunakan sepeda motor tiba-tiba diserang pemimpin kelompok intoleran itu. Spontan, sang pendeta ini turun dari sepeda motor untuk melindungi istrinya. Dia juga menjulurkan kedua tangannya untuk mencegah kontak fisik dengan pemimpin kelompok intoleran.

Pasca insiden, Palti Panjaitan justru dilaporkan oleh sang pemimpin kelompok intoleran ke Polres Bekasi Kota atas tudingan telah memukul pelapor.

Kemarin, Kamis (2/5) pagi, Palti kembali menjalani pemeriksaan untuk kali kedua sebagai tersangka di Polres Kota Bekasi. Kepada wartawan, pemuka agama di wilayah Jawa Barat tersebut mengaku akan mengikuti setiap prosedur hukum yang berlaku meski dirinya merasa tidak melakukan apa yang dituduhkan oleh pemimpin kelompok intoleran.

“Tidak ada persiapan khusus namun dengan adanya pemanggilan ini sangat mengganggu konsentrasi dan kinerja saya sebagai pemimpin Jemaat HKBP Filadelfia," imbuhnya di Mapolresta Bekasi.

Berharap sesuatu yang baik terjadi pada kasus Palti Panjaitan. Walau peluang kecil, namun kebenaran dan keadilan pasti lah yang akan menjadi pemenangnya, cepat atau lambat.

 

Baca juga :

Pendeta Palti Panjaitan Bantah Lakukan Pemukulan

Pendeta Suriah : Pertempuran Semakin Dekat Dengan Gereja

Paus Fransiskus Ajak Gereja Perangi Pelecehan Seksual

Mendagri Ajak Foke dan Jokowi Sukseskan Pilgub DKI Jakarta 2012

Tweet-an Agnes Monica Tentang Kedatangan Siwon Suju

Jokowi-Basuki Tak Setuju Pelaksanaan UN

Sumber : metrotvnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami