Semifinal Liga Champions 2013 : Real Madrid vs Borussia Dortmund 2-0

Nasional / 1 May 2013

Kalangan Sendiri

Semifinal Liga Champions 2013 : Real Madrid vs Borussia Dortmund 2-0

daniel.tanamal Official Writer
4588

Dua gol yang disarangkan Real Madrid ke jala tamunya Borussia Dortmund tidak cukup membuat klub ibukota Spanyol meraih tiket Final Liga Champions 2013, pasalnya dalam laga yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa atau Rabu (1/5) WIB, tim tamu tetap lolos ke final dengan keunggulan agregat 4-3, setelah dalam laga pertama menang besar 4-1.

Pertandingan yang dipimpin wasit asal Inggris Howard Webb itu berjalan dengan tempo permainan yang begitu cepat. Kedua tim mendapat begitu banyak peluang emas yang gagal terkonversi menjadi gol. Los Blancos sendiri menghadapi jalan buntu untuk menembus jala Die Borussen yang dikawal Roman Weidenfeller.

Dibabak pertama Madrid setidaknya mendapat tiga peluang emas yang harusnya membuahkan gol. Peluang Gonzalo Higuain yang one to one dengan Weidenfeller menit ke-4, sepakan keras voli Cristiano Ronaldo menit ke-14 dan Mesut Oezil semenit setelahnya tak mampu mengubah nilai di papan skor. Rapatnya lini pertahanan Dortmund membuat serangan Madrid seringkali mentah dan lebih banyak menguasai lini tengah. Babak pertama berakhir 0-0.

Dortmund membuka babak kedua dengan umpan datar Ilkay Guendogan ke sisi kanan dimana Robert Lewandowski lepas dari pengawalan dan sendirian berhadapan dengan Diego Lopez. Sepakan kerasnya menghujam mistar gawang dan skor tetap 0-0. Los Blancos pun langsung memperlihatkan niat mencari kemenangannya dengan memasukan Karim Benzema dan Ricky Kaka. Hasilnya kerjasama Kaka – Oezil didepan gawang diakhiri oleh sontekan keras Benzema. Gol, 1-0 tuan rumah memimpin.

Gol ini memacu semangat juang skuad asuhan Jose Mourinho untuki terus membombardir pertahanan Dortmund yang dini hari tampil begitu rapi dengan pressing yang ketat. Gol tambahan pun tercipta menit ke-88 ketika Benzema yang mendapat bola liar di sisi kiri gawang Dortmund, langsung memberikan umpan matang kepada Ramos yang segera mengeksekusinya dan menjadikan skor berubah 2-0. Hanya butuh satu gol saja, El Merengues terus mengurung Die Schwarzgelben.

Namun tiket final Liga Champions yang akan berlangsung di Stadion Wembley, 25 Mei 2013 nampaknya telah menjadi berkat untuk Dortmund. Hingga akhir pertandingan, skor tetap 2-0. Di final Dortmund akan menunggu lawan mereka yang baru akan bertanding Kamis dini hari nanti antara Barcelona melawan Bayern Munchen.

Susunan pemain
Madrid:
41-Diego Lopez; 15- Essien, 4- Ramos, 2- Varane, 5- Coentrao (8-Kaka 56); 14-Xabi (6-Khedira 67), 19- Modric; 22- di Maria, 10- Oezil, 7-Cristiano Ronaldo; 20- Higuain (9- Benzema 56)

Dortmund: 1- Weidenfeller; 26- Piszczek, 4- Subotic, 15- Hummels, 29- Schmelzer; 6- Bender, 8-Guendogan; 16- Blaszczykowski (27- Santana 90+1), 10- Goetze (19- Grosskreutz 14), 11- Reus; 9- Lewandowski (5- Kehl 87)

 

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami