Napi Terorisme dan Pemutilasi Siswa SMU Kristen Poso Kabur

Nasional / 26 April 2013

Kalangan Sendiri

Napi Terorisme dan Pemutilasi Siswa SMU Kristen Poso Kabur

daniel.tanamal Official Writer
4735

Saat ini Petugas gabungan dari Polri dan TNI tengah memburu seorang narapidana kasus terorisme dan kekerasan di Sulawesi tengah yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ampana, Kabupaten Tojo Unauna pekan lalu.

Petugas gabungan pun mengadakan patroli bersama di kaki Gunung Biru, Dusun Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah sejak Kamis, 25 April 2013 dengan diikuti oleh 156 petugas Sabhara Polres Poso dan 30 personel TNI dan dipimpin Kapolres Poso AKBP Susnadi.

Narapidana kasus terorisme yang kabur tersebut adalah Basri alias Ayas alias Bagong. Basri adalah terpidana kasus sejumlah aksi terorisme di Poso pada 2005. Dirinya diduga kabur setelah mendapat izin dari pihak Lapas setempat untuk menjenguk keluarganya yang sakit di wilayah tersebut, pada Jumat 19 April 2013.

AKBP Susnadi mengatakan, patroli yang saat ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan Basri melarikan ke Gunung Biru. Kawasan tersebut diketahui menjadi basis kelompok teroris yang dipimpin Santoso yang hingga kini juga belum tertangkap. Pihaknya juga mewaspadai kembalinya kelompok Santoso ke Gunung Biru yang berpotensi bergabung dengan Basri.

Basri sendiri sudah divonis penjara 19 tahun setelah terbukti terlibat dalam serangkaian kasus kekerasan dan terorisme di Sulteng pada periode 2004 hingga 2007. Salah satu kasusnya yang mencuat adalah ketika didakwa dalam memutilasi tiga siswi SMU Kristen Poso.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami