Ditolak Praktisi Pendidikan Katolik, Mendikbud Jelaskan Langsung Kurikulum 2013
Sumber: antara news

Nasional / 24 April 2013

Kalangan Sendiri

Ditolak Praktisi Pendidikan Katolik, Mendikbud Jelaskan Langsung Kurikulum 2013

Puji Astuti Official Writer
3670

Penerapan Kurikulum 2013 ditolak oleh banyak pihak, dimana salah satunya adalah praktisi pendikan Katolik. Menurut mereka acuan pendidikan tersebut dinilai belum matang. Untuk itulah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh bertemu langsung dengan praktisi pendidikan Katolik untuk memberikan penjelasan.

"Kami dari majelis nasional pendidikan Katolik sampai sekarang masih menolak kurikulum 2013, karena kami masih merasa bahwa ini belum matang. Kami akan melihat bagaimana perkembangannya," demikian ungkap Romo Carolus yang memimpin pertemuan yang diselenggarakan di Wisma Samad, Klender, Jakarta, Rabu (23/4) lalu.

Menanggapi pernyataan Romo Carolus tersebut, M Nuh mengatakan bahwa dirinya memahami penolakan dari para praktisi pendidikan Katolik.

Namun Mendikbud menegaskan bahwa, "Di dunia tidak ada barang yang pasti, meskipun majelis pendidikan Katolik telah menyatakan menolak kurikulum 2013 bagi kami tidak apa-apa."

Menurut Mendikbud M Nuh, ada tiga penyakit sosial yang mendasar, yaitu kemiskinan, ketidaktahuan dan keterbelakangan peradaban. Vaksin untuk ketiga penyakit itu menurutnya adalah pendidikan. Untuk itulah menurutnya demi mewujudkan pendidikan berkualitas perlu kurikulum. M Nuh kembali mengingatkan bahwa Kurikulum 2013 didisain berdasarkan UU Sindiknas, dan kurikulum ini berisi tiga kompetensi yaitu, sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

Kurangnya sosialisasi tentang kurikulum 2013 memicu penolakan dari banyak pihak. Banyak informasi simpang siur yang membayangi penerapan kurikulum baru ini, bukan hanya guru, orangtua siswa dan para muridpun dihantui ketakutan tersendiri. Walau maksud dan tujuan dari kurikulum 2013 ini baik, namun jika tidak dikomunikasikan dengan benar dan jelas akhirnya malah menimbulkan kebingungan dan ketakutan.

Baca juga artikel lainnya :

Komunitas Katolik dan Protestan Minta Kurikulum 2013 Ditunda

Kurikulum 2013 Tidak Dibuat dengan Tergesa-gesa

MU Juara Liga Inggris, City Lapang Dada Beri Selamat

Benarkah Hipnoterapi, Solusi Tepat Bagi Penderita Fobia ?

Bangkai Babi Di Dasar Mata Air

Segala Upaya Kulakukan Untuk Mendapat Keturunan

Sumber : Detik.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami