Sugesti Makhluk Halus, Siswi Ini UN di Rumah
Sumber: iberita.com

Nasional / 23 April 2013

Kalangan Sendiri

Sugesti Makhluk Halus, Siswi Ini UN di Rumah

daniel.tanamal Official Writer
2397

Banyak ragam kejadian yang terjadi dialami oleh para siswa-siswi selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013. Salah satunya dialami Ayu (15), siswi SMP 30 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang harus mengerjakan UN hari kedua di rumahnya, Selasa (23/4).

Ayu mengerjakan UN dirumahnya akibat sakit karena diduga diganggu makhluk halus. "Menurut keterangan orangtua Ayu, anak sakit karena gangguan makhluk halus dan tidak bisa naik motor sehingga ikut ujian nasional di rumahnya dengan pengawalan dari aparat polisi dan guru pengawas," kata Kepala SMP 30 Kabupaten Mukomuko Yanto.

Yanto mengatakan, hari pertama ujian nasional, siswa itu masih bisa datang ke sekolah diantar oleh orangtuanya, tetapi yang bersangkutan mengerjakan soal UN tidak satu ruangan dengan peserta UN lain, dengan pertimbangan yang bersangkutan saat itu masih dalam kondisi sakit.    

Pada hari kedua UN, Ayu tidak sanggup lagi untuk naik motor sehingga soal dan lembaran jawabannya diantar ke rumah. Berdasarkan keterangan dari orangtua Ayu, tambah Yanto, anaknya itu sering sekali berteriak-teriak pada saat habis subuh. Setelah pagi harinya anak tersebut berhenti sendiri.

Atas kejadian ini, ketua Panitia UN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Apani mengatakan, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada siswa yang sakit itu mengikuti UN sampai selesai. "Kalau memang siswi itu sakit, tidak masalah dia mengikuti UN di rumah dengan pengawalan aparat polisi dan guru pengawas," katanya.

Memang tidak dapat dipastikan kebenaran gangguan dari makhluk halus tersebut. Namun melihat UN yang tiap tahunnya menjadi momok yang “menakutkan” bagi sebagian besar siswa, menjadi sugesti tersendiri bagi para siswa untuk khawatir berlebihan. Banyak hal harus dibenahi oleh pemerintah terutama dalam pelaksanaan UN sehingga tidak menimbulkan kejadian yang diluar akal sehat.

 

 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami