PM China Pimpin Langsung Penyelamatan Korban Gempa

Nasional / 22 April 2013

Kalangan Sendiri

PM China Pimpin Langsung Penyelamatan Korban Gempa

daniel.tanamal Official Writer
2637

Langkah tanggap darurat dan secepat kilat dilakukan pihak pemerintah China dalam mengatasi situasi dan kondisi usai gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang negeri tirai bambu tersebut. Bahkan Perdana Menteri China Li Keqiang bertindak langsung dengan memimpin proses penyelamatan korban gempa bumi.

Li Keqiang datang langsung di lokasi yang diterpa gempa terbesar yaitu di wilayah Ya'an. Keqiang memimpin langsung proses penyelamatan korban yang masih banyak terperangkap dibangunan yang roboh dan juga daerah terkena longsor. "Prioritas utama saat ini adalah menyelamatkan banyak warga," ujar Li, dikutip Xinhua, Minggu (21/4).

Selain itu Keqiang juga berjalan di tengah puing-puing rumah korban yang hancur akibat guncangan gempa dan mengunjungi rumah sakit sembari menyerahkan tenda untuk para korban gempa. Seperti diberitakan sebelumnya, gempa yang terjadi pada Sabtu 20 April pagi itu, dikabarkan memiliki kekuatan hingga 7,0 skala richter (SR) menurut perhitungan pihak otoritas gempa China.

Sementara itu Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, gempa itu berkekuatan 6,6 SR. Saat ini puluhan ribu warga saat ini pindah dari rumah mereka dan tinggal di tenda penampungan atau bahwa mobil-mobil mereka. Warga saat ini masih terlalu takut untuk kembali ke rumah mengingat gempa susulan masih terus terjadi.

Setiap pemimpin wajib turun langsung untuk melihat dan memimpin penyelamatan terhadap rakyatnya yang membutuhkan pertolongan. Meskipun seorang pemimpin mempunyai banyak pembantu dan ajudan namun instruksi dan kekuatan dalam komando tentu lebih tidak terbatas dan mampu menjangkau seluruh komponen dan elemen negara yang dapat digerakan untuk membantu seluruh masyarakat.

 

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami