Hadapi Bully di Kantor dengan Bijak

Hadapi Bully di Kantor dengan Bijak

daniel.tanamal Official Writer
4540

Mayoritas setiap karyawan baru selalu mengalami masa-masa transisi di kantor. Masa transisi ini selain adaptasi dengan tugas di kantor, juga dengan penerimaan rekan kerja yang telah lebih dahulu menjadi karyawan di tempat tersebut. Berikut adalah beberapa langkah menghadapi penerimaan para rekan kerja yang terkadang melakukan “bully” secara tidak sadar. Namun kita punya tindakan bijak untuk menghadapinya.

Tenang

Jangan langsung panik, setiap pagi rekan kerja memasang wajah bete? Ladeni saja dengan tetap tenang dan cool. Bersikaplah wajar, jika mereka meminta ini itu, bila masih bisa ditoleransi lakukan saja. Anggaplah ini sebagai bentuk perkenalan anak baru.

Positif

Ketika teman-teman kantor bersikap menggurui jangan lantas kecil hati, ambillah sebagai pelajaran. Toh, mereka telah eksis lebih lama, wajar mereka terkesan lebih tahu. Jangan terlalu menganggap serius candaan dan sikap menyebalkan mereka.

Bersahabat

Sebagai anak baru, wajar jika kita yang lebih dulu membuka diri. Bersikaplah ramah dan menyenangkan. Berbaurlah, meski terkesan sok kenal sok dekat, namanya juga ingin mendekatkan diri kepada lingkungan baru.

Tegas

Walaupun anak baru, bersikaplah tegas. Jangan sampai kita terkena masalah, karena mengikuti gaya karyawan lama. Sebenarnya di kantor itu kita bekerja, bukan mencari teman, jadi kita nggak perlu menyenangkan orang lain dengan mengabaikan tugas dan tanggung jawab sendiri.

Laporkan!

Jika perlakuan teman-teman kantor sudah sangat mengganggu, membuat tertekan dan nggak bisa ditoleransi lagi, yang harus dilakukan melaporkannya kepada atasan. Jangan bersikap lunak yang hanya akan membuat kita tertekan sehingga pekerjaan pun hasilnya tidak maksimal.

 


Sumber : CitaCinta
Halaman :
1

Ikuti Kami