Inilah Aborigin Pertama yang Jadi Pejabat di Australia

Nasional / 19 April 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Aborigin Pertama yang Jadi Pejabat di Australia

daniel.tanamal Official Writer
4891

Sejak negara persemakmuran Australia didirikan pada 1 Januari 1901, baru pada 2013 ini ada warga asli negeri kanguru tersebut yang terpilih sebagai pejabat pemerintah. Pria 40 tahun itu bernama Adam Giles, seorang keturunan Aborigin dari suku Gamilaraay.

Giles memenangkan posisi sebagai Ketua Menteri Negara Bagian Northern Territory melalui proses kontroversial di dalam internal partai. “Ini adalah momen bersejarah bagi masyarakat asli Australia,” ungkap Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, menyambut kemenangan Giles di hadapan anggota parlemen di Canberra.

Giles mengakui dirinya begitu bahagia mengetahui dirinya memperoleh 11 suara dan mengalahkan rival terkuatnya, Terry Mills, yang sedang berada di Jepang, sekaligus menjabat suatu posisi yang sebelumnya belum pernah ditempati oleh seorang keturunan warga asli.  “Saya sangat bahagia menerima kepercayaan ini,” tutur Giles kepada radio ABC.

Hasil pemilu ini juga merupakan kado khusu bagi parlemen Australia yang pada empat pekan lalu secara resmi mengakui warga pribumi sebagai penghuni pertama Benua Kangguru. Seperti diketahui Etnis Aborigin menjadi kelompok masyarakat yang paling tersingkirkan di Australia. Anak-anak pribumi tercatat dua kali lipat lebih banyak meninggal sebelum berusia lima tahun dibanding anak-anak etnis lain.

Bahkan tepat lima tahun lalu, pemerintah Australia yang diwakili Perdana Menteri Kevin Rudd meminta maaf atas kesalahan mereka terhadap warga Aborigin yang kini jumlahnya terus menyusut dan kini hanya mencapai 470 ribu orang. Momen seperti ini tentu menjadi penerus persamaan hak dan kebersamaan bagi setiap orang untuk mendapatkan hak dan kebebasan politik yang masih diperjuangkan di muka bumi ini.


 

Sumber : Tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami