Buku Injil Mazmur Cetakan Pertama Tembus 291 Milyar

Internasional / 19 April 2013

Kalangan Sendiri

Buku Injil Mazmur Cetakan Pertama Tembus 291 Milyar

daniel.tanamal Official Writer
4301

Sebuah buku akan dihargai dengan nilai jual yang tinggi jika mempunyai umur tua dan kenangan yang terdapat pada isi dan juga terbit pada jaman yang bersejarah. Seperti buku The Bay Psalm Book yang saat ini diperkirakan mampu mencapai US$30 juta atau sekitar Rp291 miliar. Mengapa buku tersebut menjadi begitu berharga?

The Bay Psalm Book ternyata adalah buku pertama yang dicetak di Massachusetts Amerika Serikat pada 1640 yang berisi ayat-ayat injil Mazmur. Buku itu merupakan satu dari 11 bagian yang masih bertahan hingga kini. The Bay Psalm Book ditulis oleh umat Kristen di Amerika Serikat 20 tahun setelah komunitas jemaat Kristen di Plymouth, Massachusetts.

John Cotton, Richard Mather, dan John Eliot, menulis buku itu. Alasannya, mereka ingin versi yang lebih dekat dengan Bahasa Ibrani asli dibanding dengan versi yang mereka beli dari Gereja Anglikan Inggris. Dana untuk pencetakan buku digalang di Inggris dan digunakan di hampir semua kebaktian di kawasan Teluk Massachussets. "The Bay Psalm Book merupakan sebuah mitos yang langka," tutur David Reddend dari Balai lelang Sotheby's New York.

Rencananya, buku itu lebih dulu dipamerkan di beberapa kota di Amerika Serikat. Sementara acara pelelangannya yaitu pada 26 November 2013. "Dengan buku ini maka New England (nama wilayah di Amerika Serikat) menyatakan kemerdekaan dari Gereja Anglikan Inggris," tambahnya.

Buku ini sendiri adalah kepunyaan asli koleksi Gereja Old South di Boston. Pendeta di gereja itu, Nancy Taylor, mengatakan dana dari lelang akan digunakan untuk memelihara gedung kuno milik mereka tetap bisa dibuka untuk umum dan menyebarluaskan program-programnya. Seperti diketahui, buku dengan judul yang sama dilelang tahun 1947 dengan harga lelang tertinggi saat itu senilai US$151.000. Bila dihitung dengan nilai saat ini, harga jualnya setara dengan US$1,56 juta.

Jika dilihat dari sejarah tentu buku tersebut begitu berharga dan bernilai. Namun kekuatan nilai dan keberhargaan The Bay Psalm Book tentu ada pada isinya yaitu Injil Mazmur yang memuat doa, penyembahan dan pujian termasyur bagi Tuhan untuk dipakai dalam ibadah-ibadah.

 


Sumber : BBC/Metrotvnews - Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami