Sea Games 2013 : Pelatih Asal Kuba Tangani Tinju Indonesia

Nasional / 17 April 2013

Kalangan Sendiri

Sea Games 2013 : Pelatih Asal Kuba Tangani Tinju Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
4241

Cabang olahraga Tinju nampaknya kini tengah menyusun kekuatan guna menghadapi Sea Games 2013 di Myanmar akhir tahun ini. Hal itu tercermin dengan didatangkannya pelatih asal Kuba Ernesto Moreno yang segera menangani tim pelatnas SEA Games Myanmar 2013.

Ketua Bidang Teknik Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) John Amanupunyo, mengatakan pelatih asing tersebut dijadwalkan tiba di Indonesia pada minggu ketiga April 2013. Ernesto akan mendampingi tim di Indonesia sekitar sebulan sebelum melanjutkan pemusatan latihan ke Kuba selama tiga bulan mendatang.

"Pelatih ini sengaja kita datangkan untuk menilai langsung kualitas petinju yang layak diikutkan ke Kuba. Intinya siapa yang terpilih ke Kuba merupakan petinju yang paling berpotensi merebut medali SEA Games 2013," jelasnya  saat dihubungi dari Makassar, Kamis (11/4).

Ernesto nantinya akan menjalankan program latihan yang telah disusun tim teknik Pertina. Hasil latihan itu juga menjadi bahan referensi pelatih untuk menentukan petinju terbaik. Ernesto Moreno sendiri merupakan sosok yang tepat menangani timnas karena memiliki segudang prestasi saat masih menjadi petinju amatir. Dirinya pernah meraih medali emas pada Olimpiade dan kejuaraan dunia amatir.

Selain itu, terkait keputusan memilih Kuba sebagai tempat pemusatan latihan, karena negara tersebut merupakan barometer tinju kelas amatir di dunia. Kuba juga memiliki banyak petinju potensial yang bisa menjadi lawan tanding para petinju Indonesia.  Cabang Tinju sendiri meraih dua emas  pada SEA Games 2011, yang masing-masing dipersembahkan Julio Bria (52 kg) serta Alex Tatontos di kelas 75 kg.

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami