Musim Depan, Liga Inggris Pakai Teknologi Garis Gawang

Nasional / 11 April 2013

Kalangan Sendiri

Musim Depan, Liga Inggris Pakai Teknologi Garis Gawang

daniel.tanamal Official Writer
1874

Liga inggris nampaknya akan menjadi kompetisi sepakbola pertama di dunia yang resmi akan memakai teknologi garis gawang (goal line technology/GLT). Dalam pertemuan antara klub-klub Premier League dan Federasi Sepak Bola Inggris (FA), mengambil keputusan bahwa teknologi itu akan dipakai pada kompetisi domestik 2013-2014, yang akan dimulai pada pertandingan Community Shield pada Agustus 2013.

"Premier League sudah lama mendukung penggunaan teknologi garis gawang dan berkali-kali tampaknya penggunaan GLT tak akan terjadi. Namun, setelah FIFA memutuskan mengizinkan penggunaan (GLT), kami berusaha menggunakan (GLT) sesegera mungkin," ujar Ketua Eksekutif FA, Richard Scudamore. 

"Pada prinsipnya, ini soal membuat sesuatu menjadi benar. Suporter, pemain, dan manajer menghabiskan energi supaya tim mereka mencetak gol atau mencegah gawang mereka kebobolan, jadi kami sebagai administrator harus melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil itu benar," tambah Scudamore. 

GLT yang akan digunakan sendiri adalah Hawk-Eye dari Inggris."Dari empat perusahaan (penyedia GLT) yang mendapatkan lisensi FIFA, Hawk-Eye unggul karena rekam jejak mereka yang luar biasa di bidang olahraga selama bertahun-tahun," paparnya. 

Seperti diberitakan bahwa FIFA sendiri telah memutuskan menggunakan teknologi inipada pekan lalu. Secara khusus teknologi itu akan diperkenalkan pada Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014 Brasil. Teknologi yang dipilih adalah GoalControl dari Jerman.
 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami