Berbagai Fakta Tentang PM Wanita Inggris Ini
Sumber: AP

Nasional / 10 April 2013

Kalangan Sendiri

Berbagai Fakta Tentang PM Wanita Inggris Ini

Lois Official Writer
4675

Perdana Menteri perempuan pertama dan satu-satunya di Inggris meninggal dunia pada 8 April 2013 di usianya ke-87. Terlahir bernama Margaret Hilda Roberts di Grantham, Lincolnshire, kota kecil di timur Inggris, Margaret Tatcher memulai debut politiknya pada usia 20 tahun. Dia mengenyam ilmu kimia di Universitas Oxford. Sempat menjadi ahli kimia dan pengacara, karir politik Tatcher menanjak saat terpilih menjadi Ketua Partai Konservatif pada 1975.

Empat tahun kemudian, dia membuat sejarah dengan menjadi perdana menteri perempuan pertama di negara Inggris. “Saya tidak menyangka akan ada seorang perdana menteri seumur hidup saya,” ujar Thatcher pada saat kemenangannya. Namanya mencuat saat memerintahkan perang dengan Argentina yang mengklaim Kepulauan Falklands atau Malvinas pada 1982. Kemenangan Inggris merebut kembali Falklands, membuatnya terpilih kembali pada Pemilu 1983.

Pada 1987, dia kembali terpilih menjadi PM. Namun, sebelum masa jabatannya berakhir, dia mengundurkan diri pada 1990 karena tekanan internal partai. Selain menjadi satu-satunya PM perempuan, dia juga menjadi perdana menteri dengan jabatan terlama.

Satu hal yang paling diingat tentangnya adalah julukannya sebagai Iron Lady alias Wanita Besi. Julukan ini awalnya diberikan wartawan militer asal UniSoviet, Kapten Yuri Gavrilov. Hal ini karena Thatcher bersikap tegas dalam dunia politik yang keras dan didominasi laki-laki tersebut. Biografi Thatcher pun difilmkan dengan judul the Iron Lady.

Berbagai kontroversi akibat kepemimpinan PM wanita ini. Akibatnya, ketika dia meninggal, ada orang yang malah bergembira, namun tentu ada banyak pula yang bersedih. Selama hidup di dunia ini, marilah kita menjadi berkat bagi orang lain.

 

Baca juga :

Coba Brownies Kacang Hijau dengan Resep Ini Yuk

Kesalahan Orangtua yang Sering Dilakukan

Saat Pengangkatan Orang Terang Terjadi, Bumi Akan Hancur

Cara Alami Turunkan Kolesterol Tanpa Obat

Daniel Mananta Jaim di Twitter

Media yang Mengubahkan Hidup Orang Banyak

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami