Presiden Mesir Kecam Serangan di Gereja Koptik

Internasional / 9 April 2013

Kalangan Sendiri

Presiden Mesir Kecam Serangan di Gereja Koptik

daniel.tanamal Official Writer
2880

Bentrokan mematikan yang terjadi di kompleks Gereja Kristen Koptik, Kair, Mesir Minggu (7/4/2013) waktu setempat membuat Presiden Mesir, Mohamed Morsi mengecam keras tindakan tersebut. Morsi bahkan meminta dengan segera agar pihak berwenang menyelidiki kasus itu secara menyeluruh.

Dirinya menegaskan tekat Pemerintah Mesir, memberikan perlindungan bagi semua warga negara tanpa pandang bulu. "Saya menganggap setiap serangan terhadap Katedral adalah seperti serangan terhadap diri saya sendiri," demikian pernyataannya yang diterbitkan oleh kantor berita Pemerintah Mesir, MENA.

Bentrokan terjadi saat umat Koptik melaksanakan pemakaman terhadap empat jemaatnya yang tewas dalam kerusuhan sektarian di wilayah Al-Khusus, Provinsi Qalyubia, Jumat lalu. Saat ibadah sedang berlangsung, penduduk setempat dikabarkan melempari para pelayat dengan menggunakan batu.

Bentrokan ini adalah buntut dari rusuk sektarian pada Jumat lalu dimana perkelahian antara satu orang pemuda Koptik dan seorang Muslim berkembang menjadi kontak senjata diantara kedua belah pihak, menewaskan lima orang. Empat dari umat Koptik tewas dan satu dari pihak Muslim.

Setidaknya satu gereja dan rumah milik masyarakat Kristen dibakar, dan sebuah apotik yang dikelola oleh anggota gereja Kristen Koptik dirusak. Kerusuhan antar agama ini terus terjadi sejak awal tahun dimana wacana ketidakpuasan terhadap kepemimpinan Morsi dipandang menjadi penyulut utama kerusuhan ini.


 

 

Sumber : Tribunnews - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami