Bocorkan Sprindik Anas, Sekretaris Ketua KPK Dipecat
Sumber: KOMPAS/ALIF ICHWAN

Nasional / 4 April 2013

Kalangan Sendiri

Bocorkan Sprindik Anas, Sekretaris Ketua KPK Dipecat

Puji Astuti Official Writer
2663

Setelah lewat sidang Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi terungkap bahwa pelaku pembocoran draf sprindik tersangka kasus korupsi proyek Hambalang Anas Urbaningrum adalah sekretaris Ketua KPK Abraham Samad, Wiwin Suwandi. Pelaku pun langsung dikenakan sanksi keras, yaitu pemberhentian dengan tidak hormat.

"(Sanksi) Wiwin setahu saya sudah diputus oleh Dewan Pertimbangan Pegawai (DPP) dan diberhentikan dengan tidak hormat dari posisinya sebagai pegawai tidak tetap di KPK," demikian jelas Ketua Komite Etik Anies Baswedan, Rabu (3/4) lalu.

Ini bukanlah pertama kalinya Wiwin membocorkan informasi KPK kepada wartawan. Sebelumnya, beberapa kasus sebelumnya informasinya juga pernah dibocorkan kepada wartawan seperti dugaan korupsi Korlantas Polri, dugaan korupsi kuaota impor daging sapi dan dugaan suap di Buol.

Selain Wiwin, Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua Adnan Pandu Praja juga dinyatakan melanggar kode etik KPK. Abraham Samad dinilai melanggar kode etik karena menandatangani draf sprindik sebelum ditandatangani oleh unsur pimpinan lainnya. Hal tersebut dinilai tidak hati-hati dan tidak memperhatikan pentingnya proses administrasi. Atas pelanggaran tersebut Abraham mendapat sanksi berupa teguran tertulis. Sedangkan Wakil Ketua Adnan Pandu Praja mendapatkan sanksi berupa peringatan lisan atas pelanggaran etika ringan.

Sebagai lembaga yang mengemban tugas untuk menuntaskan permasalahan korupsi, KPK sendiri diharapkan menjadi teladan dalam integritas. Walau demikian di dalam KPK adalah orang-orang yang memiliki kelemahan juga, untuk itu mereka harus lebih hati-hati karena banyak orang yang tidak suka dengan kinerja lembaga ini dapat menjadikan kelemahan tersebut menjadi senjata untuk menyerang balik. Mari terus dukung upaya pembersihan korupsi dari Indonesia.

Baca juga artikel lainnya :

Abraham Samad Terbukti Langgar Kode Etik KPK

Anas Siap Digantung di Monas, Kalau Bambang Soesetyo Mau Ditembak Mati

Bagaimana Kita Bisa Jadi Batu Karang yang Teguh?

Tips Agar Kakak Tidak Cemburu Pada (Calon) Adik

Wajah Menarik Tanpa Make Up dengan Make Up Ala Korea

Resep Bubur Kacang Ijo yang Uenak Banget

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami