Komnas HAM Akan Panggil Bupati Bekasi Terkait Pembongkaran HKBP Setu

Komnas HAM Akan Panggil Bupati Bekasi Terkait Pembongkaran HKBP Setu

Puji Astuti Official Writer
3360

Pembongkaran Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Tamansari, Setu oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Kamis, 21 Maret 2013 lalu menimbulkan keprihatinan banyak pihak, termasuk Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

“Kami selaku Komnas (HAM) khawatir dan mengutuk keras pembongkaran itu,” demikian pernyataan  Wakil Ketua Komnas HAM M Imdadun Rahmat yang dikutip oleh Tempo.co, Kamis.

Rahmat yang juga salah satu dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan bahwa pembongkaran gereja ini merupakan pelanggaran hak asasi walau tidak berat, dan telah melukai perasaan umat beragama.

"Kami justru sedih mendengarnya. Kenapa persoalan kebebasan beragam terus muncul,” demikian tambahnya.

Menurut Imadadun Rahmat, pihak Komnas HAM rencananya akan memanggil Bupati Bekasi Neneng Nurhasanah Yasin pada Senin nanti untuk meminta pertanggung jawaban dari keputusan pembongkaran gereja itu.  

Sebelumnya Kamis, pukul 12.20 WIB gedung Gereja HKBP Tamansari Setu dibongkar oleh personel Sapol PP Kabupaten Bekasi menggunakan satu unit alat berat backhoe. Pembongkaran berlangsung alot karena dihalangi oleh jemaat dimana yang hadir kebanyakan adalah para ibu. Para wanita itu menangis histeris saat bangunan gereja mereka diruntuhkan dan menjadi puing-puing.

Sulitnya mendapatkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi gereja karena tersangkut peraturan SKB 2 Menteri membuat banyak gereja ditutup atau bahkan diratakan dengan tanah. Walau demikian umat Kristen harus menanggapi kejadian-kejadian ini dengan bijaksana, memang rumah ibadah itu penting namun harus diperjuangkan dengan cara yang benar dan jangan terprovokasi oleh tekanan-tekanan dari pihak-pihak tertentu. Karena dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, negara menjamin kebebasan ibadah warganya dan tidak dibedakan antara mayoritas dan minoritas.

Baca juga artikel lainnya :

Disaksikan Jemaat, Pemkab Bekasi Bongkar Gereja HKBP Setu

Satpol PP Akhirnya Segel Gereja HKBP Setu

Bagaimana Kita Bisa Jadi Batu Karang yang Teguh?

 

Mitos Negatif Tentang Para Lajang

 

Jatuh Bangun Dalam Bisnis, Namun Bebas Dari Hutang!

Sumber : Tempo.co | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami