Hendak Menikah? Tes Kesehatan Dulu Untuk Cegah Penyakit Ini

Fit & Charming / 15 March 2013

Kalangan Sendiri

Hendak Menikah? Tes Kesehatan Dulu Untuk Cegah Penyakit Ini

Lois Official Writer
5413

Para calon pengantin yang hendak menikah, ada baiknya melakukan tes kesehatan pranikah. "Premarital check up manfaatnya yang paling ekstrem mencegah penularan penyakit antar pasangan, mendeteksi sifat pembawa kelainan bawaan pada kedua pasangan dan menentukan sejauh mana kebugaran masing-masing pasangan," jelas dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina. Berbagai penyakit tersebut adalah :

1. Diabetes Mellitus
2. Kelainan jantung bawaan
3. Hipertensi
4. Hepatitis B
5. HIV/AIDS
6. TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex virus tipe 2).
7. Penyakit menular seksual (PMS) seperti sifilis, herpes, gonorrhea (kencing nanah).
8. Ketidakcocokkan golongan darah ABO dan rhesus
9. Kelainan darah seperti thalassemia
10. Kelainan genetik dan kromosom, termasuk buta warna.

Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Penyakit seperti diabetes mellitus, kelainan darah, kelainan jantung dan hipertensi, cenderung diturunkan. Calon ibu yang menderita kadar gula tinggi, bila tidak dikontrol dapat berisiko cacat pada janin ataupun mengalami kompilasi.

Penyakit infeksi seperti hepatitis B juga bisa ditularkan ibu pada janinnya atau dari sang suami pada istrinya. Sebagian besar PMS bisa mengakibatkan terjadinya kecacatan pada janin. Ketidakcocokan rhesus juga sangat mempengaruhi janin. TORCH pun bisa berakibat fatal pada janin. Jika kedua pasangan membawa sifat thalassemia (minor), maka besar kemungkinan keturunannya thalassemia mayor. Orang yang menderita thalassemia mayor akan mengalami kekurangan darah akibat sel darahnya mudah rusak sehingga harus dilakukan transfusi darah seumur hidup karena thalassemia tidak dapat disembuhkan.

Dengan melakukan tes kesehatan ini, pasangan bisa mengetahui penyakit-penyakit tersebut lebih awal sehingga bisa dilakukan pengobatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu, bagi yang ingin menikah, tes kesehatan ini sangat dianjurkan.

 

Baca juga :

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Caranya Memberkati Musuh?

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami