Perempuan Produktif Diatas Usia 60 Semakin Banyak

Nasional / 9 March 2013

Kalangan Sendiri

Perempuan Produktif Diatas Usia 60 Semakin Banyak

daniel.tanamal Official Writer
2630

Studi Institute for Fiscal Studies (IFS) menemukan bahwa seiring meningkatnya usia pensiun resmi, saat ini semakin banyak perempuan di Inggris bekerja di atas usia 60 tahun. Menurut seorang anggota IFS Jonathan Cribb sejak peraturan pensiun diubah tiga tahun silam ada 27.000 orang perempuan berusia 60 tahun ke atas yang memutuskan terus bekerja.

"Meningkatnya usia pensiun membuat semakin banyak perempuan yang tetap produktif di usia lanjut. Hampir separuh perempuan yang berusia 60 tahun kini termasuk dalam angkatan kerja, untuk pertama kalinya," kata Cribb. 

Salah satu alasan terkuat mengapa para perempuan tetap memutuskan bekerja di usia itu adalah keuangan. Selain itu studi juga menemukan bahwa peraturan usia pensiun menjadi semacam "jangkar" untuk seorang perempuan sebelum memutuskan pensiun. "Perubahan di usia pensiun dapat mengubah norma-norma sosial," kata dia. 

Studi tersebut juga menyatakan bahwa semakin banyak suami yang kini juga memutuskan untuk terus bekerja karena pensiun istri mereka tertunda satu tahun lebih lama. Selain itu ada tambahan 8.300 pria yang memutuskan terus bekerja karena kebanyakan pasangan suami istri ingin pensiun di saat yang sama.

Masih tetap menginginkan produktif di usia senja adalah pilihan yang bagus. Namun setiap lansia juga harus bijak dalam menentukan aktivitas dan bidang kerja apa yang akan mereka kerjakan. Lebih dari pada itu, hubungan dan relasi yang kuat terhadap pasangan dan juga teladan terhadap anak dan cucu harus menjadi prioritas.

 


Halaman :
1

Ikuti Kami