SNMPTN: Jumlah Sekolah yang Mendaftar Mencapai 2 Kali Lipat

Nasional / 5 March 2013

Kalangan Sendiri

SNMPTN: Jumlah Sekolah yang Mendaftar Mencapai 2 Kali Lipat

Zee Official Writer
3023

Jumlah sekolah yang mendaftarkan siswanya untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah mencapai 2 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan tidak adanya batasan akreditasi sekolah dalam pendaftarannya.

Bambang Hermanto selaku Humas Panitia SNMPTN 2013 menyatakan bahwa jalur undangan yang membatasi jumlah siswa yang terdaftar berdasarkan akreditasi sekolah tahun lalu membuat banyaknya sekolah yang terdaftar sebanyak 7.713 sekolah.

"Tahun ini jumlah sekolah yang mendaftar mencapai lebih dari 13.000 dari total keseluruhan sekolah yang ada di Indonesia," kata Bambang di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/3/2013).
 
Bambang juga menjelaskan bahwa tahun lalu batasan yang diberikan pada sekolah yang terakreditasi A adalah 50 persen, B sebanyak 30 persen, C sebanyak 15 persen, dan tidak terakreditasi sebanyak 5 persen. Namun pada tahun 2013 ini, batasan tersebut ditiadakan.

"Sekarang tidak ada lagi pembatasan. Siapapun bisa mendaftar tanpa terbatas pada akreditasinya," kata Bambang.

Menurut Bambang, penghapusan batas akreditasi merupakan satu dari dua faktor terbesar mengapa jumlah sekolah yang terdaftar bisa mengalami kenaikan drastis. Faktor terbesar lainnya adalah kebijakan panitia SNMPTN yang menghapuskan pungutan uang pendaftaran atas masukan dari masyarakat.

SNMPTN tahun 2013 akan diikuti 61 perguruan tinggi Negeri (PTN) yang hanya membuka jalur undangan dan bukan jalur ujian tulis. Perdaftaran SNMPTN tahun ini ditutup pada tanggan 8 Maret 2013.

Walaupun penghapusan batas SNMPTN tahun ini dapat memberikan kemungkinan penurunan level penyaringan siswa, namun hal tersebut juga berarti kemungkinan bagi setiap orang untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi dengan biaya terjangkau dapat dapat lebih terbuka.


Baca juga artikel lainnya:

Paus Ucapkan Salam Perpisahan Via Twitter

9 Cara Cepat Atasi Flu

Is S/He the One?

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami