Hasil Akhir Pilgub Jabar, Suara Terbanyak Tetap Aher - Deddy

Nasional / 3 March 2013

Kalangan Sendiri

Hasil Akhir Pilgub Jabar, Suara Terbanyak Tetap Aher - Deddy

Puji Astuti Official Writer
2307

Setelah hasil hitung cepat atau quick countPilkada Jawa Barat, Minggu 24 Februari 2013 lalu menyatakan bahwa pasangan Ahmad Heryawan dan Deedy Mizwar unggul dengan 32-33 persen suara, pada hari ini, Minggu (3/3) hasil rekapitulasi hitung manual kembali memantapkan kemenangan pasangan Aher-Deddy tersebut.

Penghitungan suara yang dimulai pada pukul 10.30 WIB di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut tersebut menetapkan bahwa pasangan Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar memperoleh 6.515.313 suara. Di posisi kedua adalah pasangan Rieke Diah Pitaloka - Teten Masduki dengan 5.714.997 suara, diikuti oleh pasangan Dede Yusuf - Lex Laksamana 5.077.522.  Posisi ke empat di duduki oleh pasangan Irianto MS -Tatang Farhanul Hakim dengan perolehan suara 2.448.358 suara. Di posisi terakhir adalah pasangan Dikdik Maulana Arif Mansur da Cecep Nana Suryana Toyib hanya dengan 359.233 suara.

Total suara sah adalah 20.115.423, sedangkan yang tidak sah ada 598.356 suara. Total warga yang menggunakan suaranya adalah 20.713.779 suara, sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilgub Jabar jumlahnya mencapai 32,5 juta jiwa.

Dengan pengumuman tersebut, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyatakan, "Hasisl rekapitulasi ini dinyatakan sah." Walau demikian beberapa tim sukses dari calon gubernur dan wakil gubernur menyatakan keberatan atas pelaksanaan dan hasil Pilgub Jabar tersebut. Protes tersebut ditunjukkan dengan tidak mau menandatangani hasil keputusan KPU pada hari ini, dan langsung keluar meninggalkan ruangan tempat penghitungan suara.

Pilkada Jawa Barat yang berlangsung dengan aman dan damai patut disyukuri. Sekalipun ada keberatan dan akan ada gugatan hukum atas hasil pilkada ini, semua pihak diharapkan dapat menindaklanjutinya sesuai dengan aturan yang berlaku. Selamat untuk Aher - Deddy, semoga dapat mengemban tugas dengan baik dan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Baca juga :

Kuasa Doa di Tempat Kerja  

Cegah Flu Versi Baru Dengan 7 Tips Sederhana Ini

Dokumentasi Kopdar Perdana JCers 2013

Kisah Nyata Senna yang Ingin Sembuhkan Kanker Mamanya

Dunia Butuh Harapan

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami