Inilah Kardinal Pertama yang Kritik Mundurnya Paus Benediktus XVI

Inilah Kardinal Pertama yang Kritik Mundurnya Paus Benediktus XVI

daniel.tanamal Official Writer
3009

Mundurnya Paus Benediktus XVI dari kepausan takhta suci Vatikan menimbulkan pro-kontra dari berbagai kalangan. Salah satunya yang mengkritisi pengunduran diri itu adalah Kardinal Australia, George Pell. Pell secara terbuka mengkritik Paus yang bergelar Emeritus itu sebagai Paus yang tidak memiliki kemampuan administrasi pemerintahan.

Dirilis Asiaone.com, Kamis (28/2), Pell yang nantinya akan mengikuti konklaf, melihat Benediktus sebagai guru yang brilian namun bukan seorang yang memahami tata kelola pemerintahan dengan baik. "Saya pikir saya lebih suka seseorang yang dapat memimpin Gereja dan mempersatukannya," kata Pell.

Selain itu Pell melihat bahwa keputusan Paus untuk mundur tersebut hanya akan menimbulkan rasa khawatir di tengah-tengah gereja. "Orang-orang yang, mungkin tidak setuju dengan paus pada masa mendatang, akan menggelar kampanye untuk mendesaknya mengundurkan diri," tuturnya.

dirinya lalu menytakan bahwa pribadi yang dapat mempertahankan tradisi, baik dalam sisi iman dan terutama juga moral, layak menjadi seorang Paus baru. "Saya ingin seseorang yang mampu berbicara kepada dunia, dan juga saya ingin seseorang dengan pengalaman pastoral yang kuat dalam keuskupan yang mampu mengangkat moral para Kuria Romawi, dan mungkin memberikan sedikit disiplin," katanya.

Setiap tokoh atau pemimpin pasti punya kelebihan dan juga kekurangan. Kita hanya perlu mengambil sisi positif dari setiap kepemimpinannya dan menjadikan pengalaman dan pelajaran bagi setiap hal yang kurang berkenan. Tanpa dukungan dari umat, seorang pemimpin keagamaan hanya akan menjadi simbolisasi semata. Mari menghargai pemimpin kita dengan setiap perilaku baik yang kita tunjukan bagi sesama.

Sumber : asiaone.com
Halaman :
1

Ikuti Kami