Paus Benediktus XVI Sampaikan Ucapan Perpisahan Terakhir

Nasional / 1 March 2013

Kalangan Sendiri

Paus Benediktus XVI Sampaikan Ucapan Perpisahan Terakhir

daniel.tanamal Official Writer
2656

Di depan ribuan umatnya yang memenuhi halaman Castel Gandolfo, Vatikan, Kamis (28/2) malam waktu setempat Paus Benediktus XVI menyampaikan ucapan perpisahan terakhirnya. Umat yang merasa kehilangan dirinya terus mengelu-elukan "Long Live The Pope!" seakan tidak mau berpisah.

"Teman-teman yang terkasih, saya senang berada di sisi Anda, dikelilingi oleh makhluk indah dan segala kebaikan yang membuat dirinya baik. Terima kasih untuk persahabatan dan dan kasih sayang Anda. Anda tahu, hari ini sangat berbeda bagi saya daripada sebelumnya: Saya tidak lagi menjadi Paus Gereja Katolik, atau saya akan manjadi Paus hanya sampai 8:00 malam ini dan kemudian tidak lagi.


Saya hanyalah seorang peziarah yang mulai menyudahi jejak penziarahannya di Bumi. Tetapi saya masih akan...terima kasih...saya masih akan bersama dengan hati saya, dengan cinta saya, dengan doa-doa saya, dengan refleksi saya, dan dengan segenap kekuatan batin saya, ingin bekerja untuk kebaikan bersama dan kebaikan jemaat dan umat manusia. Saya merasa sangat didukung oleh simpati Anda.


Mari kita maju bersama Tuhan untuk kebaikan gereja dan dunia. Terima kasih, sekarang saya sepenuh hati memberikan berkat saya. Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Selamat Malam! Terima kasih semua!"


Lahir di Marktiam Inn, Bayern, Jerman pada 16 April 1927, Paus bernama asli Joseph Alois Ratzinger ini menggantikan Paus Yohanes Paulus II pada 19 April 2005. Benediktus menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak pengunduran diri Paus Gregory XII tahun 1415. Usai mengundurkan diri, Benediktus XVI diberi gelar Paus Emeritus.

 

Sumber : AP/metrotvnews
Halaman :
1

Ikuti Kami