Bom Sepeda, Tewaskan 18 Orang di Hyderabad, India

Nasional / 22 February 2013

Kalangan Sendiri

Bom Sepeda, Tewaskan 18 Orang di Hyderabad, India

Puji Astuti Official Writer
2726

Sebuah bom meledak di kota Hyderabad, India pada Kamis (21/2) dan menewaskan 18 orang serta melukai 52 orang. Serangan bom ini merupakan yang terbesar sejak serangan bom pada tahun 2011 yang telah menewaskan 13 orang.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengutuk serangan bom di daerah yang mayoritas penduduknya penganut Hindu itu.

"Ini tindakan pengecut dan kesalahan itu tidak akan berlalu begitu saja tanpa hukuman," demikian pernyataan PM Singh.

Menurut keterangan dari Menteri Dalam Negeri Sushil Kumar Shinde, ledakan bom tersebut berasal dari dua sepede.

"Dua bom dipasang di dua sepeda berbeda dan jarak antara keduanya sekitar 100 hingga 150 meter," demikian jelas Shinde kepada wartawan di New Delhi.

Bahkan Shine mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima peringatan dari pihak intelijen bahwa kemungkinan akan ada serangan bom susulan. Untuk itu ia telah meneruskan peringatan ini kepelosok India untuk waspada.

Hyderabad merupakan kota pusat industri telekomunikasi di India dengan penduduk mayoritas penganut Hindu dan Islam. Dengan serangan bom ini, berbagai pihak mengkuatirkan terjadinya gesekan antar dua kelompok agama tersebut, mengingat serangan ini terjadi setelah seorang pemberontak muslim Kashmir dieksekusi pemerintah India. Wilayah Kashmir telah bergolak sejak tahun 1980-an karena menginginkan kemerdekaan dari India. Wilayah Khasmir sediri merupakan wilayah dengan penduduk kebanyakan beragama Islam dan berbatasan dengan beberapa negara seperti Pakistan dan China.

Seperti yang dikatakan Perdana Menteri Mamoham Singh, tindakan terorisme yang menyasar masyarakat sipil adalah tindakan pengecut dan tidak bermoral. Sebuah perjuangan seharusnya menjunjung tinggi moralitas dan nilai kemanusiaan, bukan sebaliknya, malah mengorbankan nyawa orang tak bersalah.

Baca juga artikel lainnya :

Karena Pendek dan Gendut, Igor Saykoji Dulu Sempat Minder

Pengampunan Berguna Bagi Kebaikan Kita Sendiri

Long Distance Relationship Can Work!

Hindari Minuman Bersoda Jika Ingin Sehat !

Di Balik Kemegahan Oscar, Stuntmen Tak Pernah Dihiraukan

Ide Daur Ulang Agar Dompet Tetap Tebal

Sumber : AntaraNews.com | CNN | Reuters | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami