Berbagai Efek Buruk Minuman Soda Buat Keindahan Tubuh

Berbagai Efek Buruk Minuman Soda Buat Keindahan Tubuh

Lois Official Writer
6385

Minuman soda punya efek buruk pada beberapa organ tubuh sehingga menyebabkan penurunan kualitas fungsinya. Dr. Hans-Peter Kubis mengatakan tubuh mengalami gangguan metabolisme hanya dengan dua rutin minum soda. Soda dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, gagal liver, merusak kerja ginjal, kanker pancreas, asam urat di jari kaki sampai hipertensi. Namun, ada dampak negatif lainnya yang ditimbulkan soda bagi kesehatan / keindahan tubuh kita :

Kulit Mudah Berkeriput

Rutin minum soda menyebabkan kandungan toksisitas fosfat tinggi sehingga mempengaruhi fungsi elastisitas kulit.

Mengeroposkan Tulang

Bersiaplah terkena osteoporosis jika rutin mengkonsumsi minuman soda karena asam fosfat pada soda menyebabkan kandungan kalsium di tulang menurun.

Merapuhkan Gigi

Tentunya kita tidak mau bukan terlihat jelek tanpa gigi? Gigi adalah bagian penting dari wajah, terutama ketika tersenyum. Soda dapat mengikis lapisan enamel gigi dengan kandungan asam sitrat yang dimilikinya, zat yang cukup asam. Konsumsi berlebih memberikan efek lebih serius, yaitu kerusakan saraf dan akar gigi, bahkan pembusukan gigi. Untuk menyiasati ini, segera gosok gigi setelah Anda menikmatinya.

Menambah Berat Badan

Studi membuktikan bahwa minuman ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan jika diminum setiap hari selama sebulan karena minuman ini tercatat memiliki kalori dan gula yang sangat tinggi.

Otot-Otot Berubah Fungsi

Studi yang digelar di Bangor University dan dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menyatakan bahwa minuman ringan dapat mengubah proses metabolisme. Otot-otot yang awalnya menggunakan gula untuk membakar lemak, berubah fungsi menjadi sumber energi. Minuman ringan tersebut juga dapat menyebabkan perubahan perilaku gen-gen di dalam otot, bahkan secara permanen.

Asma

Natrium benzoate yang ditemukan pada minuman karbonasi ini sering dikaitkan sebagai penyebab asma. Bagi Anda yang sudah memiliki asma, serangan ini akan lebih sering terjadi.

Nah, jika begitu banyak dampak buruk akibat minuman ringan satu ini, mengapa tidak memilih minuman lain yang lebih menyehatkan tubuh? Memang rasanya yang unik terkadang tak bisa dihindari, namun ada baiknya dikurangi jika perlu dihilangkan kebiasaan minum minuman satu ini.

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami