Juventus Dirikan Museum Tragedi Heysel

Spirituality / 17 February 2013

Kalangan Sendiri

Juventus Dirikan Museum Tragedi Heysel

daniel.tanamal Official Writer
3006

Tragedi Heysel adalah sejarah kelam dalam sepakbola Eropa dimana 39 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya cedera akibat bentrokan antar suporter yang bertanding dalam final Piala Champions antara Juventus menghadapi Liverpool pada 29 Mei 2985di Stadion Heysel, Brussels.

Untuk mengenang dan menghormati para korban, Juventus akan membuat monumen yang terbuat dari batu-batuan yang berasal dari Italia dan Belgia, di monumen tersebut tertulis sebuah puisi yang berjudul "Funeral Blues" yang dibuat oleh penyair Inggris, W.H. Auden, juga nama-nama orang yang menjadi korban atas tragedi tersebut. 

Selain itu pada museum tersebut akan dihiasi oleh 39 bintang kecil yang menandakan jumlah korban yang tewas, selain itu ada sebuah bintang yang didedikasikan kepada Gaetano Scirea kapten Juventus di pertandingan tersebut. 

Rencananya, Museum Juventus tersebut akan dibuka pada musim panas 2012, keluarga para korban akan diberikan akses khusus untuk masuk ke museum tersebut dan juga mereka tak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

Tragedi Heysel terjadi akibat tribun pemisah diantara kedua suporter dijebol oleh massa dari Liverpool yang langsung merangsek ke tribun Juventus. Seketika itu ratusan orang dari pihak Juventus segera menyingkir untuk menghindari serangan itu. Namun mereka terkunci pada pagar bawah yang menghubungkan langsung ke lapangan.

Disitulah terjadi pemandangan mengerikan, dimana ratusan suporter terjepit dan tidak bisa bergerak. Beberapa menit kemudia pagar tersebut robog dan seketika itu pula beberapa suporter mati lemas. Pertandingan sendiri tetap dilanjutkan dan Juventus yang menjadi pemenang lewat gol tunggal Michel Platini.

 

 

 

Halaman :
1

Ikuti Kami