Hari Ini, Ada Asteroid Melintas Paling Dekat ke Bumi

Nasional / 15 February 2013

Kalangan Sendiri

Hari Ini, Ada Asteroid Melintas Paling Dekat ke Bumi

Lois Official Writer
2721

Hari ini menjadi salah satu hari bersejarah karena sebuah asteroid akan menjadi benda antariksa yang melintas paling dekat dengan bumi meski dipastikan tidak akan mengenai bumi. Asteroid berukuran 45 meter yang dinamai 2012 DA14 itu akan melintas sejauh 27.700 kilometer saja dari bumi.

“Kantor Near-Earth Object Program dari NASA telah dengan akurat memprediksi jalur lintasan asteroid itu dan karenanya memastikan bahwa asteroid itu tidak akan menabrak bumi,” menurut pernyataan pejabat NASA awal Februari lalu. Adapun asteroid ini ditemukan pertama kali oleh Jaime Nomen pada Februari 2012, seorang dokter gigi Spanyol yang gemar berburu benda langit di malam hari.

Melintasnya asteroid dengan kecepatan 28.000 kilometer per jam itu akan menjadi kesempatan emas untuk mempelajari objek antariksa dekat bumi dari jarak yang lebih dekat. Menurut Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Prof Dr. Tomas Djamaluddin, Indonesia adalah tempat terbaik untuk melihat asteroid tersebut.

Indonesia mempunyai jarak terdekat untuk melihatnya karena hanya akan berjarak 21.000 km di wilayah orbit satelit-satelit GPS. “Hampir di seluruh wilayah Indonesia bisa melihat asteroid itu. Tapi harus menggunakan teleskop, tidak bisa dengan mata telanjang,” kata Djamaluddin. Asteroid tersebut tidak akan berdampak apapun, termasuk kerja satelit namun diperkirakan 97 tahun lagi, tepatnya 16 Februari 2110 diperkirakan akan menabrak bumi.

Sampah-sampah ataupun benda langit yang ada di luar angkasa terkadang mengancam keberlangsungan hidup manusia di muka bumi. Kita perlu mewaspadai hal-hal yang terjadi di luar angkasa sana namun juga sekaligus berserah pada Tuhan bahwa segalanya akan baik adanya.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (2)

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak 

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Ini Dia Resep Pempek Adaan

Sumber : beritasatu by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami