Proyek Tanggul Foke Dipercepat Untuk Atasi Banjir

Proyek Tanggul Foke Dipercepat Untuk Atasi Banjir

Zee Official Writer
3491

Proyek pembangunan tanggul laut raksasa, giant sea wall, mantan Gubernur DKI, Fauzi Bowo, akan dipercepat oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mengatasi banjir yang melanda Jakarta, terutama daerah utara Jakarta.

“Pembangunan giant sea wall akan kita percepat. Kami juga akan meminta Bappenas dan UKP4 untuk langsung mempercepat persiapan pembangunannya,” Jokowi mengungkapkan di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2013.

Jokowi juga menambahkan bahwa konsep dan detail pembangunan tembok raksasa tersebut telah ia dapatkan, dan ia memperkirakan bahwa pembangunan tanggul raksasa tersebut akan memakan waktu lebih dari 10 tahun.

“Memang sudah saya tekankan, giant sea wall itu perlu sekali untuk menghadang rob besar. Tapi sekali lagi, ini menyangkut anggaran besar dan waktu yang cukup lama,” ungkap Jokowi.

Tanggul raksasa yang merupakan usulan dari Fauzi Bowo akan berbentuk waduk raksasa yang berfungsi tidak hanya untuk menghalau air laut, tapi juga untuk menahan air sungai agar tidak terbuang langsung ke laut. Dan pembuatannya akan menghabiskan biaya hingga Rp 50 triliun yang ditanggung tidak hanya dari pemerintah, tapi juga investor agar pelaksanaannya bisa terwujud dalam waktu dekat.

Sebelumnya mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang lebih kerap disapa Foke, telah yakin bahwa 90 persen masalah banjir di Jakarta akan terselesaikan dengan dibangunnya tanggul raksasa tersebut, disertai dengan pengerukkan 13 sungai di Jakarta.

Satu lagi kabar baik yang telah diberikan pemerintah bagi penduduk Jakarta dalam upaya mereka menangai banjir ibu kota. Oleh karena itu masyaralkat dapat sedikit bernafas lega karena pemrintah tidak akan hanya berpangku tangan dan tetap mencari solusi untuk kesejahteraan ibu kota Jakarta.


Baca juga artikel lainnya:

Siwon Super Junior : Pray For Jakarta

Sejarawan Kristen : Ajari Anak Gunakan Senjata Sejak Usia Dini

Kisah Nyata Pengusaha Sukses Dari Keluarga Miskin

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami