Pendapat Marzuki Ali dan Din Syamsudin Untuk Selesaikan Konflik Sumbawa

Pendapat Marzuki Ali dan Din Syamsudin Untuk Selesaikan Konflik Sumbawa

Puji Astuti Official Writer
3546

Sumbawa, Nusa Tenggara Barat bergolak karena perselisihan antar etnis pada Selasa (22/1) lalu. Kerusuhan dan penjarahan terjadi, semua itu dipicu oleh karena tewasnya seorang gadis etnis Sumbawa dalam keadaan penuh lebam dan pakaian dalam robek.

Kemarahan keluarga korban terjadi karena polisi bersikukuh bahwa gadis tersebut tewas karena kecelakaan, sedangkan keluarga menuduh pacar korban yang merupakan polisi dari etnis Bali sebagai pembunuh dan pemerkosa korban.

Menyikapi kerusuhan yang terjadi, Ketua DPR RI Marzuki Ali melihat bahwa peran tokoh agama dan pemuka masyarakat sangat lemah.

"Ada persoalan-persoalan yang selalu terjadi konflik horizontal, terus terang membuat miris kenapa hal ini selalu saja terejadi. Artinya peran tokoh masyarakat, tokoh agama, kelihatannya sudah mulai tidak banyak didengar sehingga terjadi konflik," demikian ungkap Marzuki, Rabu (23/1) lalu.

Sebaliknya, Din Syamsudin, Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah melihat perlunya polisi melakukan penyelidikan menyeluruh dan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang apa yang sesungguhnya terjadi tanpa kesan membela anggotanya.

"Dalam penanganan kasus kerusuhan di Sumbawa Besar itu jangan sekali-kali menimbulkan kesan membela anggota. Ini sangat sensitif," demikian ungkap Din yang juga putra kelahiran Sumbawa besar tersebut.

Din juga menghimbau masyarakat Sumbawa untuk mengedepankan kerukunan dalam masyarakat yang majemuk saat ini dan segera mengakhir konflik yang terjadi sehingga tidak meluas keluar pulau Sumbawa.

Dari sekitar 200 orang yang terlibat dalam amuk massa Selasa (22/1) lalu, 90 orang diantaranya ditangkap oleh pihak kepolisian dan 27 orang diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka. Pihak kepolisan terus menghimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu menyesatkan dan menghentikan cara-cara kekerasan untuk menyelesaikan masalah serta lebih mengedepankan cara dialok.

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Celana yang Cocok untuk Bentuk Tubuh yang Berbeda

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Sumber : Liputan6.com | Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami