Ahok : Sudah 5 Tahun Sungai di Jakarta Tidak Dikeruk

Nasional / 23 January 2013

Kalangan Sendiri

Ahok : Sudah 5 Tahun Sungai di Jakarta Tidak Dikeruk

daniel.tanamal Official Writer
2960

Satu fakta terbaru mengenai penyebab banjir Jakarta mengemuka lewat pernyataan Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama. Mantan Bupati Beltim ini mengungkapkan bahwa tenyata sudah lebih dari lima tahun sungai-sungai di Jakarta tidak dikeruk berikut dengan anggaran untuk pengerukan yang sangat minim.

"Bayangin sudah lebih dari lima tahun, sungai-sungai kita tidak pernah dikeruk. Kalau kita baca sejarah, Belanda itu punya anggaran untuk keruk, sedangkan anggaran untuk air kita hanya 2% dari APBD," ujarnya di Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (23/1). 

Wagub yang akrab disapa Ahok ini memaparkan bahwa belum ada kesadaran dari pemerintah Jakarta untuk melakukan pengerukan 13 sungai di Jakarta padahal Jakarta selalu dilanda banjir setiap tahun. "Kita tahu (Jakarta) ada banjir terus tapi tidak pernah ada pengerukan, bayangkan," keluh Ahok.

Untuk itu sebagai langkah langsung mengantisipasi banjir lima tahunan yang lebih besar dikemudian hari pihaknya kini melakukan pengerukan secara bertahap di sungai-sungai Jakarta. "Saat ini Pak Gubernur ingin tindakan cepat, makanya saat ini kita akan melakukan pengerukan di 13 sungai-sungai, sekarang satu-dua (sungai) dulu, kalau sudah lima tahun kan bisa keliling selesai pengerukannya.”

 

 

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami