Selangkah Lagi, Pemkot Blitar Jatuhkan Sanksi Pada SMA Katolik

Selangkah Lagi, Pemkot Blitar Jatuhkan Sanksi Pada SMA Katolik

Budhi Marpaung Official Writer
4660

Habis sudah kesabaran Kementerian Agama (Kemenag) Kota Blitar, Jawa Timur, terhadap SMA Katolik Diponegoro yang hingga kini belum juga mau menyediakan guru pendidikan agama Islam untuk siswa/i yang beragama Islam. Rekomendasi penjatuhan sanksi terhadap sekolah ini pun akan segera disampaikan kepada Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar dalam waktu dekat.

“Sebab hingga batas waktu yang ditentukan, pihak sekolah belum bersedia membuat pernyataan kesediaan menyediakan guru untuk agama Islam,“ ujar Kepala Kemenag Imam Mukhlis, Rabu (23/1).

Sebagaimana diketahui, SMA Katolik Diponegoro merupakan satu dari enam sekolah katolik yang diancam akan ditutup oleh Pemkot Blitar. Alasan rencana tindakan dari pihak berotoritas itu adalah karena pihak sekolah dianggap melanggar Surat Keputusan Nomor 8 Tahun 2012 yang isinya adalah mewajibkan setiap anak didik yang beragama Islam harus bisa membaca Alquran.

Yayasan Katolik Yohanes Gabriel (YKYG) dan Yayasan Freindaments selaku pemilik SMA Katolik Diponegoro membantah telah melakukan pelanggaran aturan. Mereka beralasan tidak memberikan surat pernyataan kesanggupan menyediakan guru agama Islam adalah karena pihak mereka masih harus berkoordinasi dengan pengurus yayasan pusat.

“Kita tetap  meminta rekomendasi dulu dari  pusat,“ ujar Sumardiono, Ketua YKYG.

Selain itu juga, sambung Sumardiono, SMA Katolik Diponegoro tidak memiliki guru untuk pendidikan agama di luar agama Katolik.

Permasalahan antara sekolah Katolik dan pemerintah di Blitar adalah permasalahan yang cukup sensitif. Ketergesa-gesaan dalam bertindak bisa menjadi timbulnya persoalan baru. Oleh sebab itu, disini diharapkan adanya kedewasaan dari semua pihak demi terciptanya kondisi yang kondusif dan menyenangkan bagi semua kelompok masyarakat.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

3 Tips Hadapi Putus Cinta Secara Kristiani

Tak Berhenti Mengasihi

Inilah Solusi Terbaik Cegah Demam Berdarah

Sumber : sindonews.com / budhianto marpaung

Ikuti Kami