Psikolog : Tak Pantas Hakim Daming Ngomong Seperti Itu

Nasional / 16 January 2013

Kalangan Sendiri

Psikolog : Tak Pantas Hakim Daming Ngomong Seperti Itu

Budhi Marpaung Official Writer
3842

Ucapan Hakim M. Daming Sanusi ‘pemerkosa tak layak dihukum mati karena pelaku dan korban saling menikmati’ yang dilontarkannya pada saat mengikuti seleksi di Gedung DPR, Senayan, Selasa (15/1), mengundang banyak kontroversi.

Psikolog Tika Bisono mengatakan apa yang dilakukan oleh calon hakim agung itu sangat tidak pantas dikatakan seorang pejabat.  

"Artinya sebagai pejabat publik haram ngomong seperti itu karena tidak sesuai dengan status dan kapasitasnya," ujar Tika sebagaimana dikutip dari Okezone.

Menurut dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini, Daming seharusnya bisa membangun empati. Pasalnya, secara psikologis sebenarnya pemerkosa juga tidak bisa dibilang sehat secara mental.

"Mungkin karena mereka (pemerkosa) tidak stabil, kehilangan sesuatu atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Tika mengaku bahwa pernyataan Daming sangatlah menyakitkan bagi mereka yang menjadi korban pemerkosaan mengingat orang yang berbicara adalah seorang penegak hukum.

"Pastinya korban sakit hati, mungkin saja ingin nimpuk atau merasa diperlakukan tidak adil," ungkapnya.

Namun begitu, Tika menyatakan bahwa pernyataan khilaf Daming juga patut diterima karena banyak orang awam pun yang salah ucap atau keceplosan.

Hanya saja, peringatnya, para tokoh agar berhati-hati dalam berucap sebab atribusi sosial yang melekat pada seorang tokoh akan berbeda dan tidak bisa diterima oleh publik dan norma sosial yang berlaku umum.

Suka atau tidak, pekerjaan yang melekat pada kita sangat menentukan pandangan orang lain kepada kita. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita harus senantiasa menjaga sikap dan perilaku kita, kapan saja dan dimana saja.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Alasan Menaati Allah   

Move, Album Third Day yang Benar-Benar Nge-Blues

Lift Up Your Face  

3 Tips Hadapi Putus Cinta Secara Kristiani

Panggilan Darurat

Sumber : okezone.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami