Asteroid dengan Nama Setan Itu Makin Mengancam Bumi

Nasional / 14 January 2013

Kalangan Sendiri

Asteroid dengan Nama Setan Itu Makin Mengancam Bumi

Lois Official Writer
3787

Asteroid ini mau tak mau menyedot perhatian masyarakat di bumi karena asteroid yang diambil dari nama setan yaitu Apophis ini akan melayang mendekati bumi dengan lebar 275 meter. Asteroid ini diperkirakan berjarak sekitar 9 juta mil dan terus mendekat. Diperkirakan pada 2029 asteroid ini akan berada pada orbit satelit komunikasi dengan jarak sekitar 30 ribu kilometer.

“Dari sejumlah asteroid, Apophis menyedot perhatian paling besar karena diperkirakan sangat dekat dengan bumi pada 2029 dan berpotensi menabrak,” ujar Presiden Slooh Space Camera, Patrick Paolucci beberapa waktu lalu. Saat ini para ilmuwan sedang mengkaji seberapa besar ancaman asteroid Apophis terhadap bumi.

Apophis pertama kali ditemukan pada 2004. Kala itu, para ilmuwan menghitung peluang tabrakan yang ditimbulkan asteroid itu. Hasilnya, tabrakan bakal terjadi pada 2029 dengan peluang 1:45. Jika Apophis menghantam bumi maka akan menghasilkan ledakan setara lebih dari 500 megaton TNT. Sebagai bahan perbandingan, bom hydrogen paling kuat yang pernah diledakkan yaitu Soviet Tsar Bomba hanya menghasilkan kekuatan 57 megaton TNT.

Bayangan asteroid menghantam bumi pada 2029 cukup menakutkan, apalagi kekuatannya hampir 10 kali lebih besar daripada kekuatan bom hydrogen yang pernah ada di muka bumi. Tak terbayangkan betapa besar kehancurannya. Namun, jangan kuatir. Kita harapkan para ilmuwan menemukan penghancur asteroid itu sebelum sampai ke bumi.

 

Baca juga :

Kisah Nyata Anak Tertolak yang Menemukan Kasih Tuhan

7 Cara Unik Atasi Flu

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Kisah Wanita dan 25 Orang Penolongnya

Alasan Menaati Allah   

Move, Album Third Day yang Benar-Benar Nge-Blues


Ikutilah Acara Positif dengan Kirimkan Lagu Ciptaan Anda

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami