Mereka Mendukung Aksi Anti Rasisme Boateng

Mereka Mendukung Aksi Anti Rasisme Boateng

daniel.tanamal Official Writer
2494

Aksi gelandang serang AC Milan Kevin-Prince Boateng yang meninggalkan pertandingan persahabatan pada menit ke-26 melawan Pro Patria, di Busto Arsizio, Kamis (3/1) karena aksi rasisme sebagian penonton didukung secara meluas oleh para tokoh dan pemain sepakbola.

Beberapa tokoh besar sepakbola seperti pelatih Italia Cesare Prandelli, legenda hidup Belanda dan Milan Ruud Gullit hingga presiden FIFA Sepp Blatter menganggap Boateng melakukan aksi nyata untuk memerangi aksi rasial yang kerap terjadi di dunia sepakbola. Meski beberapa punggawa Milan seperti Clarence Seedorf dan Gennaro Gattuso tidak sependapat, Boateng tetap bersikukuh bahwa aksinya adalah keputusan yang tepat.

"Akhirnya! Tim yang hebat, pelatih hebat dan pemain yang hebat. Massimiliano Allegri memahami masalahnya. Kami semua lelah menghadapi hal ini. Kami sudah muak.Italia harus berbenah dan ini adalah langkah pertama. [Sikap] Milan fantastis, karena dengan bersatu kami mungkin bisa merusak rencana beberapa orang seperti ini." (Cesare Prandelli – Pelatih Tim Nasional Italia) 

“Aksi Boateng pantas mendapatkan hormat. Akhirnya, ada seseorang yang melakukan sesuatu terhadap rasisme, tidak hanya berbicara. Dia sadar wasit dan peraturan tidak bisa melawan rasisme. Dengan satu kali aksi, Boateng membuat pernyataan, dimana dalam 40 tahun terakhir tidak ada jawaban perang melawan rasisme.” ( Ruud Gullit – Legenda Sepakbola Belanda dan AC Milan) 

"Itu pertanda kuat dan simbol keberanian. Dengan kata lain, (pelecehan rasial) itu telah melampaui batas, tetapi hal itu tak akan melebar lagi. Apa yang dilakukannya layak dipuji. Namun, kami harus segera mencari solusi jangka panjang yang dapat melenyapkan masalah itu hingga ke akar-akarnya. Sepak bola harus menyatukan semua orang.” (Sepp Blatter – Presiden FIFA) 

"Di 2013 hal-hal seperti ini masih terjadi...sungguh menyedihkan. Saya merasa kecewa untuk para keluarga yang hadir dan menunjukkan solidaritas mereka kepada rekan-rekan setim saya. Kalian (oknum fans) sungguh memalukan." (Ricardo Montolivo – Pemain Milan) 

"Kalau benar cerita KPB mundur dari lapangan bersama rekan-rekannya setelah mengalami perlakukan rasis benar, itu keadilan untuknya." (Rio Ferdinand – Bek Senior Inggris dan Manchester United) 

"Rekaman dari Prince Boateng benar-benar mengejutkan. Memalukan. Bahkan sang pemain harus melakukan sendiri karena otoritas kurang bekerja cepat." (Michael Owen – Penyerang Legendaris Inggris – Stoke City)


Sumber : berbagai sumber - daniel tanamal

Ikuti Kami