Anak Difabel Ikuti Pesta Olahraga Khusus di Ambon

Nasional / 10 January 2013

Kalangan Sendiri

Anak Difabel Ikuti Pesta Olahraga Khusus di Ambon

daniel.tanamal Official Writer
3376

Sebuah acara olahraga yang begitu menginspirasi digelar oleh sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Ambon yang bekerjasama dengan LSM dari Belanda. Pesta Olahraga Khusus bertajuk The Joy Of Movement tersebut dibuat khusus bagi anak-anak difabel.

Acara yang digelar sebagai ruang ekspresi dan mengembangkan kepercayaan diri anak-anak difabel itu diikuti oleh sekitar 200 anak dari lima sekolah luar biasa di Ambon dan dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Ambon , Kamis (10/1/2013). Lima sekolah luar biasa (SLB) yaitu SLB Batu Merah, Karya Kasih, Pelita Kasih, Leleani Satu dan Dua mengikuti lima permainan.

Menurut ketua penyelenggara dari LSM Cerdas, Pauline Joel Parera pesta olahraga khusus bagi anak difabel ini diharapkan menjadi agenda rutin setiap tahun di Ambon. Pasalnya banyak manfaat yang bisa diperoleh difabel dari kegiatan olahraga tersebut. "Kegiatan ini juga menjadi cara agar publik menghargai para difabel, dan bukan meminggirkan mereka," jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa dalam pesta olahraga khusus ini tidak ada kompetisi. Dengan begitu tidak akan ada yang memperoleh juara. "Sesuai tema acara The Joy of Movement atau menggerakkan tubuh membawa kegembiraan, kami ingin membuat anak-anak difabel gembira saja," ujarnya.

 Dampak dari olahraga difabel itu sendiri bagi anak-anak dirasakan langsung oleh salah satu pengajar di SLB Batu Merah, Nia Holle. "Anak-anak menjadi lebih percaya diri, interaktif, dan aktif. Apalagi jenis olahraga di pesta olahraga ini beragam, membuat anak-anak gembira," tambahnya. 

Banyak acara dan kegiatan negara yang menghabiskan dana begitu besar namun jarang yang memberi dampak secara langsung bagi rakyat terutama anak-anak. Saatnya pemerintah mau tergerakan hati untuk membuat acara dan kegiatan yang bertujuan untuk tumbuh kembang anak, terutama bagi anak-anak difabel.

 

 


 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami