Hasil Studi : Penyanyi Rock Rentan Mati Muda

Serba-Serbi Sehat / 7 January 2013

Kalangan Sendiri

Hasil Studi : Penyanyi Rock Rentan Mati Muda

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3382

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Inggris mengungkap fakta bahwa penyanyi rock mempunyai resiko mati muda. Penelitian tersebut mengambil sampel dari 1.489 penyanyi rock dari Amerika Utara dan Eropa dalam rentang 50 tahun terakhir, mulai  Elvis Presley yang terkenal di tahun 1950-an ke Monkeys Band Arctic yang namanya dikenal pada tahun 2006.

Disebutkan di dalamnya, penyanyi rock, baik solo atau bergabung dengan sebuah band, memang memiliki risiko yang sama, yaitu mati lebih cepat dari yang harapan usia, jenis kelamin, dan etnis. Resiko kematian ini bahkan meningkat dua kali lipat kepada penyanyi rock yang bersolo karir.

Para peneliti menduga ada hubungan antara ketenaran dari penyanyi rock solo dengan band. Ada kemungkinan juga bahwa dukungan dari anggota band memberikan peranan penting yang memengaruhi harapan hidup yang lebih panjang.

Sejauh ini, penyalahgunaan narkoba di kalangan penyanyi rock menjadi penyebab dominan kematian premature para penyanyi rock. Namun para peneliti menyampaikan bahwa kejadian masa kecil, seperti pelecehan atau orang tua bercerai, juga bisa menjadi penyebabnya.

"Fame biasanya meningkat untuk memanjakan diri. Namun banyak pecandu narkoba membuktikan bahwa akar masalahnya adalah pengalaman yang menyakitkan di masa lalu, "tulis para peneliti di jurnal terbuka, BMJ.

 

Sumber : beritasatu/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami