Frank Rijkaard Berikan Kunci Rahasia Kalahkan Barca

Nasional / 3 January 2013

Kalangan Sendiri

Frank Rijkaard Berikan Kunci Rahasia Kalahkan Barca

daniel.tanamal Official Writer
2724

Laju raksasa Spanyol FC Barcelona memang terus menanjak. Meskipun telah ditinggal oleh pembesut tersuksesnya Pep Guardiola, nyatanya Messi cs tetap menunjukan kualitas permainan sepakbola yang begitu tajam dan berbahaya. Namun mantan pelatih Barcelona, Frank Rijkaard memberikan mengetahui cara menghentikan El Barca.

Menurut pelatih asal Belanda ini Permainan disiplin dan organisasi yang baik adalah kunci mengalahkan Barca. "Tidak ada peluru ajaib yang bisa mengalahkan mereka. Anda hanya perlu beradaptasi dengan gaya Barca. Sebagian besar klub yang sukses saat melawan Barcelona, telah mengandalkan pertahanan yang sangat terorganisir dan disiplin," kata Rijkaard kepada Fifa.com.

Dirinya menilai bahwa beberap klub seperti Inter Milan dan Chelsea yang sukses menerapkan strategi itu saat menyingkirkan Los Cules dari Liga Champions. Juga Real Madrid yang memenangi persaingan di La Liga musim 2011-12. "Anda bisa menyebutnya 'Resep sukses Jose Mourinho'. Ini ia mulai saat melatih di Chelsea. Jika Anda bermain seperti itu saat melawan Barcelona sepuluh kali, Anda mungkin bisa mengalahkan mereka sekali. Tapi, cara ini tidak selalu menjamin kesuksesan," katanya.

 Rijkaard sendiri melatih Barca pada 2004-2008.  Setelah itu, Pep Guardiola melanjutkan tugasnya dan sukses meraih 14 gelar dalam kurun empat tahun. Musim ini Barca masih mempertahankan kinerja positif mereka di bawah asuhan Tito Vilanova.

Sumber : bola.net
Halaman :
1

Ikuti Kami