Ribuan Petugas Bersihkan Sampah Car Free Night

Nasional / 1 January 2013

Kalangan Sendiri

Ribuan Petugas Bersihkan Sampah Car Free Night

daniel.tanamal Official Writer
2102

Sudah menjadi hal yang lumrah jika seusai hajatan besar di ibukota selalu menyisakan sampah yang luar biasa banyaknya. Hal ini juga terjadi seusai ajang Jakarta Night (Car Free Night) Festival yang diselenggarakan malam pergantian tahun tadi 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013.

Untuk itulah sekitar 1000 petugas kebersihan DKI Jakarta langsung menyisir tebaran sampah di sepanjang jalan Jalan Sudirman - Thamrin. Sampah yang didominasi bekas bungkus makanan atau minuman yang ditinggalkan pengunjung semalam berserakan dimana-mana. Selain para petugas, ada juga beberapa warga dan organisasi masyarakat yang berinisiatif membantu mengumpulkan sampah

Para petugas kebersihan dari PT SOR di bawah Suku Dinas Kebersihan DKI Jakarta ini ditargetkan mulai menyapu jalan dan mengumpulkan sampah sebelum pukul enam pagi dan selesai bekerja pada pukul 07.00 WIB. "Ada sekitar seribu orang ditugaskan untuk wilayah Jakarta Pusat," kata Edi salah satu petugas, di Bundaran HI.

 Dirinya mengakui bahwa menjadi seorang petugas kebersihan mempunyai pengalaman suka dan duka. Sukanya, kata Edi, jika bekerja di malam tahun baru ia mendapat lembur dua kali gaji pokok. Sedangkan dukanya sampah terlalu menumpuk. "Apalagi kalau habis hujan begini, sampah jadi lengket susah dibersihinnya," keluhnya.

Kurangnya kesadaran masyarakat maupun pedagang untuk ikut membersihkan sampah atau setidaknya tidak membuang sampah sembarangan dalam acara tahun baru, patut disayangkan. Disitulah terlihat bahwa sebagian besar masyarakat punya rasa ketidakbertanggungjawaban dalam hal kecil, terutama didalam lingkup gaya hidup Jakarta yang modern dan cenderung individualistis.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami