Arkeolog : Setidaknya ada Satu Gereja di Mekkah

Arkeolog : Setidaknya ada Satu Gereja di Mekkah

daniel.tanamal Official Writer
9072

Dunia arkeologi kembali membuka mata dunia melalui penemuan terbarunya Kota Mekkah, Arab Saudi. Di kota suci umat Muslim dunia tersebut, seorang Arkeolog asal Jerman dilaporkan telah menemukan puing-puing yang dipercaya sebagai bekas kerajaan Kristen di Yaman.

Penemuan sebuah batu dengan pahatan seperti tokoh Kristen di Wilayah Zafar, sekitar 935 kilometer selatan Mekkah ini membuat para arkeolog berspekulasi setidaknya ada satu gereja disana. Arkeolog asal Kota Heidelberg, Jerman, Paul Yule, mengatakan batu yang mempunyai tinggi sekitar 1,5 meter ini diyakini berasal dari zaman Nabi Muhammad.

Pada batu pahatan yang diperkirakan dibuat pada 530 masehi itu tergambar seorang lelaki memakai perhiasan, berambut keriting, bermata bulat, telanjang kaki, dengan menggenggam seikat ranting yang merupakan simbol perdamaian pada tangan kirinya dan palang seperti salib di tangan kanannya yang dipercaya mirip dalam penggambaran orang suci dari Gereja Koptik.

Sementara mahkota dipakai pria itu mirip dengan apa dikenakan oleh penguasa-penguasa kerajaan Kristen Ethiopia kuno. Diperkirakan pahatan itu menggambarkan seorang penakluk dari Afrika yang datang ke wilayah Yaman sekitar 525 masehi untuk menyebarkan agama Kristen, sebagai misi dari Raja Aksum kepada para ksatria untuk menjelajahi area di sekitar Laut Merah yang sebagian besar merupakan Jazirah Arab.

Wilayah Zafar disimpulkan oleh para arkeolog sebagai pusat perkumpulan dari sejumlah besar komunitas Yahudi, Nasrani, dan penduduk suku-suku Arab. Dari penggalian di beberapa area Yaman itulah arkeolog mengklaim memang ada indikasi semua penemuan ini benar.

 

Sumber : merdeka.com

Ikuti Kami