China Wajibkan Warganya Silahturami Dengan Keluarga Lansia

Nasional / 29 December 2012

Kalangan Sendiri

China Wajibkan Warganya Silahturami Dengan Keluarga Lansia

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2566

Modernisasi dan pertumbuhan penduduk yang cepat, kerap membuat orang lupa menjaga pentingnya kekerabatan. Mencegah hal itu, pemerintah China memberlakukan peraturan baru yang mengharuskan setiap anggota keluarga melakukan kunjungan rutin ke kerabatnya, terutama kepada anggota keluarga yang lebih tua.

Seperti disampaikan oleh situs resmi pemerintah China dan dilansir Asia One, Sabtu (29/12/2012), peraturan ini telah disetujui oleh Kongres Partai Rakyat Nasional China yang tengah berkuasa pada Jumat (28/12).

Peraturan baru ini akan mulai diberlakukan di China pada 1 Juli 2013 mendatan dan merupakan bagian dari amandemen Undang-Undang Perlindungan Hak dan Kepentingan Warga Lanjut Usia.

"Anggota keluarga yang tinggal terpisah dengan orangtua harus sering melakukan kunjungan. Setiap atasan harus mengabulkan hak karyawannya untuk meminta izin sesuai dengan peraturan yang relevan," seperti dikutip dari peraturan tersebut.

Peraturan baru ini diberlakukan mengikuti peningkatan populasi kaum lanjut usia di China. Dijelaskan bahwa, jika hak dan kepentingan kaum lanjut usia dilanggar, maka mereka atau perwakilannya bisa mengajukan gugatan hukum. Peraturan baru tersebut juga mengatur soal konflik di dalam keluarga soal aset dan rumah. 

Pentingnya menjaga silahturami dengan orangtua bahkan telah dicatat sejak lama di Alkitab. Oleh karena itu, menghormati orangtua haruslah menjadi bagian dari gaya hidup kita setiap saat.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami