Menara Natal di Perbatasan Korea Didirikan

Internasional / 25 December 2012

Kalangan Sendiri

Menara Natal di Perbatasan Korea Didirikan

daniel.tanamal Official Writer
1426

Meski pembangunannya sempat dibatalkan karena bersamaan dengan meninggalnya pemimpin Korea Utara  Kim Jong Il, akhirnya pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengizinkan organisasi Kristen di negaranya untuk membangun menara pohon Natal di wilayah perbatasan.

Sebelumnya pembangunan menara pohon Natal tersebut memang menimbulkan kontroversi. Selain dilakukan di tengah memanasnya hubungan antara kedua Negara Korea tersebut, selama ini Korut melihat pembangunan menara pohon Natal tersebut sebagai sebuah propaganda yang dilakukan oleh pihak Korsel.

Karena itu mereka seringkali mengancam akan melakukan serangan apabila Korsel membangun menara tersebut pada masa Natal. Pembangunan menara itu sendiri merupakan sebuah agenda tahunan yang dilakukan oleh sebuah organisasi Kristen di Korsel.

Pihak pemerintah Korsel melarang pendirian menara karena takut dianggap sebagai aksi provokasi keada Korut yang saat itu sedang berduka. Pada tahun ini, pembangunan menara pohon Natal dilakukan sesaat setelah pihak Korut melakukan uji coba peluncuran roket yang dikecam oleh dunia internasional. Pihak barat menyebut ujicoba tersebut bertujuan untuk mengembangkan senjata nuklir yang ingin dimiliki negara komunis itu.

Menara pohon Natal tersebut dibuat menggunakan besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk pohon Natal. Di ujung menara tersebut dipasang rangkaian lampu yang berbentuk bintang dan tulisan berisi ucapan Natal.

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami