Sejarah Baru Korea Selatan, Presiden Wanita Pertama Terpilih

Nasional / 20 December 2012

Kalangan Sendiri

Sejarah Baru Korea Selatan, Presiden Wanita Pertama Terpilih

Puji Astuti Official Writer
3481

Sejarah baru ditorehkan di Korea Selatan setelah seorang wanita bernama Park Geun-hye terpilih sebagai presiden dalam pemilihan umum yang berlangsung pada Rabu, 19 Desember 2012 lalu.

Berdasarkan perhitungan cepat, Park Geun-hye unggul dengan 51,5 persen suara sedangkan lawannya Moon Jae-in hanya mengantongi 48 persen suara. Park sendiri merupakan putri dari mantan penguasa militer Jenderal Park Chung-hee, tokoh yang sukses melakukan transformasi ekonomi pada periode 1961-1979. Walau demikian Park Chung-hee juga dikenal sebagai diktator yang kejam karena perlakuannya kepada lawan-lawan politiknya.

Sekalipun bayang-bayang sang ayah sempat menjadi kontroversi dalam masa kampanye, Park Geun-hye berjanji akan menjadi pemimpin bagi semua orang.

"Saya akan menjadi presiden yang memenuhi semua janji yang saya buat di hadapan rakyat," demikian pernyataan Park yang dikutip oleh Kompas.com.

Dengan kemenangannya tersebut, Park menjadi presiden wanita pertama di negeri gingseng tersebut. Program-program yang dijanjikan oleh Park diantaranya adalah demokratisasi ekonomi, mengurangi disparitas sosial melalui pembangunan ekonomi yang cepat dan juga lapangan kerja yang lebih banyak serta meningkatkan biaya kesejahteraan masyarakat.

Janji memang harus ditepati, jika tidak maka akan jadi seperti di Indonesia dimana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik dan para pemimpin semakin menurun. Semoga saja Park dapat keluar dari bayang-bayang ayahnya dan  menjadi seorang pemimpin yang berintegritas dan menjadi salah seorang wanita berpengaruh positif di dunia. 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Natal Bermakna Bagi Pasangan, Jika Ada Yesus di Dalamnya

Gigi Copot? Kini Bisa Ditumbuhkan Lagi Lho!

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami