Jokowi Sumbangkan 20 Juta untuk Jembatan Reot

Nasional / 10 December 2012

Kalangan Sendiri

Jokowi Sumbangkan 20 Juta untuk Jembatan Reot

daniel.tanamal Official Writer
2864

Dalam kunjungan “dadakan” ke sebuah jembatan gantung tua yang menghubungkan Kampung Bambon, Kecamatan Srengseng Sawah dan Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/12) Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyumbangkan uang pribadinya senilai 20 juta rupiah untuk perawatan jembatan itu.

Menanggapi lokasi jembatan yang bukan berada di wilayah Jakarta itu, Jokowi menandaskan bahwa dirinya hanya mengutamakan keselamatan warga tanpa melihat wilayah. "Jangan ngomong wilayah. Prinsip kita mau menjaga keselamatan warga," tegasnya.

Jembatan yang memiliki panjang sekitar 100 meter dan lebar 100 cm tersebut memang tergolong berbahaya jika dilintasi, karena bahan material yang sudah rapuh. "Ngeri juga. Apalagi pas hujan. Saya nggak bisa membayangkan kalau anak-anak (yang lewat)," kata Jokowi memberanikan diri menyeberangi jembatan tersebut dibawah rintik hujan.

Selain Jokowi, Calon Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf diakui warga juga turut menyumbang bagi perbaikan jembatan yang “reot” tersebut. "Hari Sabtu dapat sumbangan dari Pak Jokowi Rp 20 juta. Kemarin, datang sumbangan juga dari Pak Dede Yusuf Rp 10 juta," kata Chalid Mawardi, Lurah Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan kepada wartawan, Senin (10/12).

Menurut keterangan warga setempat, jembatan yang sudah berusia sekitar 30 tahun ini tidak pernah mendapat tindakan apa pun dari Pemerintah Provinsi DKI sebelumnya. Bahkan warga lainnya justru berkomentar bahwa seharusnya yang memberi perhatian atas kondisi jembatan itu adalah Pemerintah Kota Depok, karena yang paling banyak memanfaatkan jembatan adalah warga Depok yang tinggal di seberang Srengseng Sawah.


 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami