Bertahan Di Bumi Pancasila - Belajar dari Kasus GKI Yasmin

Book / 10 December 2012

Kalangan Sendiri

Bertahan Di Bumi Pancasila - Belajar dari Kasus GKI Yasmin

daniel.tanamal Official Writer
3645

Diskriminasi terhadap kebebasan umat beragama di Indonesia kembali mencuat ketika Walikota Bogor Diani Budiarto, pada 2011 lalu mencabut Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin yang telah disahkan secara hukum oleh putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 127 PK/TUN/2009.

Sejak saat itu gelombang kecaman dan aksi damai melawan kesewenang-wenangan pemerintah kota tersebut terus terjadi. Berbagai permasalahan dan kronologi yang dialami oleh jemaat GKI Yasmin, dikupas secara mendasar dan selektif oleh Victor Silaen, seorang penulis, dosen, dan juga dapat dikatakan seorang aktivis sosial yang sering turun ke jalan untuk menyuarakan kebenaran, dalam bukunya Bertahan Di Bumi Pancasila – Belajar dari Kasus GKI Yasmin.

Dalam buku ini, Victor mencoba memperlihatkan permasalahan yang dialami oleh GKI Yasmin mulai dari konteks hukum hingga kehidupan berbangsa dan bernegara baik yang diketemukan di lapangan hingga yang terdokumentasikan oleh media massa. Gagasan utama yang ingin diketengahkan penulis dalam buku ini adalah bagaimana mempertahankan kebenaran dan keadilan dimata hukum dari arogansi kelompok intoleransi dan lemahnya kepemimpinan pemerintah.

 

Judul Buku  : Bertahan Di Bumi Pancasila (Belajar dari Kasus GKI Yasmin)

Penulis       : Victor Silaen

Penerbit     : Yayasan Komunikasi Bina Kasih - 2012

 

 


Sumber : Jawaban.com - Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami