Bijak Menyikat Gigi dengan Waktu yang Tepat

Solusi Sehat / 6 December 2012

Kalangan Sendiri

Bijak Menyikat Gigi dengan Waktu yang Tepat

daniel.tanamal Official Writer
3583

Merawat gigi adalah sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan jika menginginkan kondisi tubuh selalu bugar dan baik. Namun bukan hanya perawatan yang teratur saja, keteraturan waktu dalam menyikat gigi juga diperlukan untuk memperoleh hasil yang baik.

Menurut Dr Howard R. Gamble, presiden dari Academy of General Dentistry, menyikat pada waktu yang salah terutama dalam waktu 20 menit setelah selesai makan dapat mendorong asam lebih masuk ke dalam gigi. "Dengan menyikat gigi, Anda benar-benar bisa mendorong asam lebih dalam ke enamel dan dentin," katanya.

Selain itu sebaiknya anda menghindari menyikat gigi sesaat setelah mengkonsumsi minuman bersoda atau asam. Ini karena asam dapat membakar enamel gigi Anda dan lapisan di bawah enamel, yang disebut dentin. Dalm sebuah studinya gigi menimbulkan korosi lebih cepat jika disikat setengah jam setelah minum minuman ringan mengandung asam.

Para relawan dalam penelitian ini memakai sampel dentin manusia di mulut mereka, kemudian para relawan menyikat gigi dengan rejimen berbeda. Hasilnya menyikat gigi dalam tempo  20 menit setelah minum minuman ringan lebih terasa merusak gigi.

Bagi mereka yang baru saja makan makanan pedas, menunggu satu jam tampaknya cukup untuk menghindari efek negatif. "Dapat disimpulkan bahwa untuk perlindungan permukaan dentin setidaknya 30 menit harus berlalu sebelum menyikat gigi setelah serangan erosif," jelas para peneliti

 

 

Sumber : Jaringnews
Halaman :
1

Ikuti Kami