Picu Selingkuh, Desa di India Larang Wanita Pakai Handphone

Nasional / 5 December 2012

Kalangan Sendiri

Picu Selingkuh, Desa di India Larang Wanita Pakai Handphone

Puji Astuti Official Writer
2986

Sebuah desa di negara bagian Binhar India melarang wanita menggunakan handphone karena disinyalir menjadi penyebab perselingkuhan dan kawin lari. Selain larangan, ada pula sanksi berupa denda uang bagi perempuan yang tertangkap menggunakan telephone genggam.

"Kami selalu merasa malu jika ada seseorang bertanya siapa yang kawin lari kali ini," demikian Ketua Dewan Desa Sunderbari, Manuwar Alam menjelaskan alasan larangan penggunaan handphone tersebut.

Menurut keterangan Manuwar, jumlah orang yang kawin lari dan hubungan di luar nikah meningkat tajam selama beberapa bulan terakhir. Setidaknya enam orang perempuan meninggalkan rumah dan keluarganya.

"Bahkan, perempuan yang sudah menikah meninggalkan suaminya dan kawin lari dengan kekasihnya. Kondisi itu memalukan bagi kami. Jadi, kami memutuskan untuk menghentikannya. Telepon genggam membuat martabat kami hancur,” demikian pernyataan tegas Manuwar.

Gadis yang kedapatan menggunakan telephon genggam akan didenda sekitar 180.000 jika dalam nilai rupiah, sedangkan wanita yang bersuami dendanya lebih besar, yaitu 300.000 rupiah.

Keputusan ini tentu tidak diterima begitu saja, aktivis penggerak hak-hak perempuan memprotes aturan tersebut. Sedangkan pemerintah sedang melakukan investigasi khusus mengenai kebenaran tuduhan penyalahgunaan handphone ini.

Pemicu perselingkuhan bisa dikarenakan banyak faktor, namun lebih banyak penyebabnya adalah faktor internal seperti tidak adanya komunikasi yang baik, hawa nafsu, tidak ada pengendalian diri dan iman yang rapuh. Sedangkan handphone hanyalah sarana komunikasi atau faktor eksternal, bahkan bisa dikatakan bukan pemicunya. Selain itu, sepertinya pemimpin desa ini berat sebelah dengan menjadikan para wanita sebagai tersangka, sedangan para pria bebas dari tuntutan. Melarang penggunaan handphone bukanlah sebuah jalan keluar, karena kesetiaan itu muncul dari cinta dan juga keputusan pribadi.  

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Investasi yang Diperlukan Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pasangan Merengek Minta Perhatian? Lakukan Cara Ini

Investasi yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Resep Gingerbread, Kue Natal yang Unik

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami